www.daytekno.com – Alamat: Jalan Bangsal Baru, Senggigi, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, NTB 83352Peta: Klik DisiniBuka Tutup: 24 Jam

Pantai dan Dermaga

Sebagai sebuah negara kepulauan, sudah semestinya bila Indonesia memiliki banyak daerah pantai serta dermaga.

Hampir di setiap Provinsi di Indonesia memiliki minimal satu pelabuhan atau sekedar dermaga untuk berlabuh kapal yang kecil, contohnya adalah Pelabuhan Siwa Wajo.

Tempat ini juga biasa disebut dengan Siwa Bangsalae, letaknya yakni di Provinsi Sulawesi Selatan.

Demikian halnya dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang beribukotakan Mataram. Keindahan alam dan pantai di daerah ini juga tidak kalah dengan pantai Kuta di Bali.

Di daerah ini terdapat beberapa pelabuhan besar yang digunakan untuk berbagai keperluan baik kapal ferry maupun dermaga kapal-kapal besar penyebrangan antarpulau.

Di Provinsi ini, terdapat beberapa Pelabuhan yang memang digunakan untuk penyeberangan ke Gili atau pulau-pulau kecil yang berada di kawasan Provinsi Nusa Tenggara Barat diantaranya adalah Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan Lembar.

Pelabuhan Bangsal merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Hal ini mengingat bahwa lokasi tersebut adalah salah satu rute tercepat yang bisa diambil wisatawan ketika ingin menyeberang ke Gili Trawangan dari arah bandara atau airport.

Lokasi Dimana

Pelabuhan Bangsal merupakan salah satu pelabuhan yang terdapat di NTB, letak tepatnya berada di daerah Pemenang.

Pelabuhan Bangsal ini letaknya juga dekat dengan kawasan Senggigi. Jaraknya hanya sekitar 1 sampai 2 km saja.

Sekalipun pelabuhan, tidak begitu banyak kegiatan ‘selayaknya’ pelabuhan lain. Namun, tempat ini menjadi titik penyebrangan untuk menuju Trio Gili yang terkenal yakni ke Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.

Baca Juga;  10 Daftar Toko Bunga Pilihan Terbaik di Sekitar Kayoon Surabaya Dengan Harga Jual Yang Murah

Pelabuhan ini letaknya sangat strategis, berada di persimpangan antara Jalan Raya Senggigi dan Pusuk Monkey Forest. Sehingga membuat para wisatawan kerap menggunakannya sebagai titik untuk menyeberang ke Gili.

How to Get There?

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencapai Pelabuhan Bangsal? Bagaimana caranya?

Bagi wisatawan yang datang dengan menggunakan transportasi darat roda 4 dan lebih (mobil, elf, bus, truck), kendaraan harus diparkir di terminal Bangsal.

Setelah itu, langsung menuju pelabuhan yang berjarak kira-kira 300 m dari terminal, bisa berjalan kaki, menyewa ojek atau menggunakan cidomo.

Larangan untuk menurunkan penumpang kendaraan roda 4 di area pelabuhan ini diberlakukan demi menghindari kemacetan dan rangkaian kendaraan yang berjajar menuju pelabuhan.

Namun, kendaraan yang bertujuan untuk menjemput wisatawan, diperbolehkan untuk sampai di dekat pelabuhan. Harga untuk menitipkan mobil adalah Rp.25.000,00 per hari.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan beroda dua, parkir dan penitipan sepeda motor terletak di dekat pantai dengan harga parkir Rp10.000,00 per hari.

Jadi, tidak perlu untuk berhenti di terminal Bangsal. Setelah itu, dapat langsung pergi ke loket pembelian tiket di pelabuhan Bangsal. Harga tiketnya sekitar Rp.12.000,00-Rp.15.000,00.

Perlu diingat pula bahwa tarif penyebrangan ke masing-masing Gili itu berbeda. Paling murah adalah penyebrangan menuju ke Gili Air.

Sedangkan yang paling mahal adalah menuju ke Gili Trawangan. Penyebrangan menuju Gili juga tersedia dengan berbagai pilihan, baik menggunakan fast boat, perahu kecil atau ferry.

Fasilitas Yang Ada

Seperti pelabuhan pada umunya, di sekitar daerah ini juga diberikan fasilitas yang memadai untuk mendukung perjalanan wisata. Diantaranya ada:

    Loket

Loket ini berfungsi untuk menjual tiket penyebrangan bagi wisatawan. Pelayanan dibuka pada pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WITA.

Baca Juga;  20 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Paling Hits

    Porter

Porter merupakan jasa untuk mengangkut barang bawaan wisatawan dan tidak termasuk dalam harga tiket penyeberangan.

Bila ingin menggunakan jasa porter, ada baiknya untuk menanyakan perihal harga dan mengadakan kesepakatan terlebih dahulu.

    Life jacket

Di dalam kondisi darurat, telah tersedia peralatan untuk menunjang keselamatan penumpang ketika menyeberang.

    Tempat Makan

Di sekitar Pelabuhan Bangsal, juga terdapat rumah makan, café atau restaurants yang dapat digunakan para wisatawan untuk mengisi perut ketika melakukan perjalanan.

Tidak perlu khawatir mengenai konsumsi, makanan dan minuman. Harga atau tarif yang ditawarkan di masing-masing tempat juga bervariasi.

Silakan mengunjungi tempat makan yang menawarkan menu kuliner yang sesuai dengan selera Anda.

    Cidomo

Cidomo adalah kendaraan yang sangat sering dijumpai di area pelabuhan untuk mengangkut wisatawan. Tarifnya pun yang tergolong murah.

    Jadwal penyeberangan

Sudah disediakan info tentang jadwal penyeberangan ke masing-masing Gili. Wisatawan tidak perlu lagi kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai kapan keberangkatan terdekat yang bisa mereka pesan.

    Penginapan

Di sekitar Pelabuhan Bangsal, juga terdapat beberapa penginapan seperti hotel, guest house serta homestay yang dapat disewa untuk menginap.

Tidak perlu lagi repot-repot berjalan jauh atau bingung ketika melakukan pemesanan. Cukup dengan menggunakan aplikasi dan situs pemesanan accommodation seperti agoda.com, hotels.com, traveloka.

Tips Kesini

Ketika hendak memarkir kendaraan, ada baiknya untuk memperhatikan tanda parkir yang telah dibuat. Tanda parkir ini dibuat dalam bentuk simbol warna yang melambangkan tujuan penyeberangan.

Simbol dengan warna merah putih untuk penyeberangan ke Gili Trawangan, merah kuning ke Gili Meno, dan ke Gili Air menggunakan merah biru.

Pastikan bahwa Anda melakukan registrasi atau pendataan kendaraan bermotor ketika menitipkan kendaraan.

Baca Juga;  Murah Sekaligus Nyaman! Inilah Deka Hotel Surabaya Yang Dulunya Merupakan Ibis Budget HR Muhammad

Pastikan juga untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam bagasi kendaraan untuk menghindari kejahatan. Jangan sampai tiket hilang, karena akan berakibat pada saat hendak mengambil kendaraan yang dititipkan.

Sekalipun merupakan daerah yang aman, nyaman, dan indah, modus penipuan ternyata masih sering ditemui di Pelabuhan Bangsal.

Penipuan ini umumnya bertujuan untuk mendapatkan uang dengan mematok tarif di atas harga sebenarnya. Korban terutama adalah wisatawan yang ‘tidak memiliki’ bekal ketika berlibur.

Berapa cara yang sering dilakukan oleh pelaku, antara lain adalah dengan menawarkan untuk menaiki Cidomo menuju pelabuhan.

Cidomo merupakan transportasi tradisional khas Nusa Tenggara Barat yang mirip seperti delman atau andong.

Beberapa pelaku juga akan tiba-tiba menawarkan jasa mengangkut barang, atau jasa menyewa perahu untuk menyeberang.

Sering juga dengan menawarkan jasa mengantar ke suatu tempat atau menawarkan makanan dan minuman.

Semuanya merupakan penawaran barang dan jasa yang baik, namun, perlu diperhatikan bahwa mereka menawarkan harga tinggi, lebih daripada harga aslinya.

Bijak-bijaklah selama melakukan perjalanan menuju ke Pelabuhan Bangsal. Kita sendirilah yang bisa menjaga ‘waktu liburan’ supaya mendapatkan quality time dengan harga murah dan tidak menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Ok, Have a nice holiday!

0
Bagikan:
x