Bisnis  

Pemerintah Memprediksi Investasi Andalan Penopang Ekonomi 2023

Avatar
Pemerintah Memprediksi Investasi Andalan Penopang Ekonomi 2023

www.daytekno.com – JAKARTA,Investor.id – Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto memprediksi investasi akan menjadi satu-satunya penopang ekonomi di tahun depan.

Hal ini dipengaruhi atas peningkatan gejolak ekonomi global yang diproyeksi menahan komponen penopang ekonomi di tahun depan.

“Harapan kita satu-satunya investasi. Investasi jadi sangat penting terutama investasi yang berasal dari luar negeri atau FDI (Foreign Direct Investment),” ucapnya dalam Forum Kemitraan Investasi yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Dia mengatakan, konsumsi rumah tangga tahun depan akan turun, seiring dengan berkurangnya insentif yang diberikan, karena pandemi covid-19 sudah terkendali. Sehingga tekanan suku bunga dinilai akan menyebabkan konsumsi rumah tangga berkurang.

Terlebih naiknya suku bunga acuan BI guna meredam inflasi juga memiliki pengaruh pada sisi permintaan kredit masyarakat.

Apalagi pasca kenaikan suku bunga acuan BI ke level 5,25% juga telah berdampak pada perbankan yang mulai agresif menyesuaikan suku bunganya. “Kenaikan suku bunga, sebabkan konsumsi masyarakat berkurang. Karena jika suku bunga naik untuk kredit motor, mobil dan rumah, kredit konsumsi akan meningkat,” terangnya.

Di sisi lain konsumsi pemerintah diperkirakan tertekan akibat defisit anggaran akan kembali ditetapkan kurang dari 3%. “Kalau defisit balik ke 3 persen tentunya belanja pemerintah akan mengalami pembatasan. Ini juga akan berpengaruh walaupun kita lihat ada belanja pemilu yang mulai tahun depan diharapkan bisa mendorong ekonomi,” katanya.

Baca Juga;  12 Ide Konten TikTok untuk Promosi UKM, Biar Bisa Viral Check