Penelitian: Game GTA dan Need for Speed Pengaruhi Perilaku Mengemudi Agresif

Avatar
Penelitian: Game GTA dan Need for Speed Pengaruhi Perilaku Mengemudi Agresif

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/26/Ay6TmsFs/17326707-jpeg-145b.jpg”>

Dilansir dari Carscoop, sebuah penelitian baru melakukan sirvei terhadap 1.000 pengemudi sehubungan dengan dampak terhadap permainan komputer, film, dan acara TV terhadap remaja di belakang kemudi. Dan 40% dari koresponden mengatakan bahwa video game membuat “mengemudi agresif terlihat keren”. Dan sebagian besar mereka terinspirasi dari adegan yang dilakukan dalam film seperti Fast & Furios.

Memainkan game mengemudi bisa mempengaruhi agresifitas mengemudi

Menurut ahli mengemudi bagi anak berusia 17 tahun kebawah, Young Driver, film bisa mempengaruhi pengemudi yang lebih berpengalaman, dengan satu dari 10 orang (sekitar 9%) mengemudi mengakui bahwa melihat aksi kejar-kejaran dengan mobil membuat mereka berpikir untuk mencobanya. Persentase itu naik hingga 22% ketika ditanyakan bagi pengemudi yang baru berusia 18-24 tahun.

Adapun orang tua, ketika ditanya apakah mereka percaya bahwa game mengemudi benar-benar memberikan kesempatan kepada remaja untuk mengemudi sembarangan di lingkungan yang aman, hanya satu dari 10 orang (11%) setuju bahwa memainkan game adalah cara terbaik untuk “mengeluarkan keinginan berkendara secara agresif.”

“Otak remaja masih berkembang dan itu berlanjut hingga usia dua puluhan. Area terakhir yang dikembangkan adalah korteks prefrontal, yang merupakan ‘pusat kendali’ otak, yang diperlukan untuk tugas-tugas seperti pengendalian diri, pengambilan keputusan, analisis risiko dan mengatakan tidak,” kata pakar remaja Nicola Morgan.

Game berkendara seperti GTA membuat pengemudi lebih agresif

“Jadi, pada usia 17 tahun, remaja umumnya tidak memiliki pusat kendali yang berkembang sepenuhnya untuk membantu mereka membuat keputusan yang baik dan mengendalikan dorongan emosional mereka, termasuk pengambilan risiko. Jika mereka memiliki pola pikir yang berani mengambil risiko, mereka mungkin mengesampingkan keselamatan,” jelas Morgan.

Baca Juga;  Begini Tips Cara Merawat dan Menjaga Kondisi Mobil ala Mercedes-Benz

Pakar kendaraan bermotor, Quentin Wilson menambahkan, “Kami tidak tahu efek yang dimiliki permainan seperti GTA dan Need for Speed. Tetapi di Young Driver, kita melihat setiap hari bahwa jika Anda melihat anak-anak pra-remaja yang belum terkorosi oleh pengemudian yang buruk dalam film, di TV dan melalui permainan, mereka jauh lebih mudah menerima pesan keselamatan di jalan.”

Film kejar-kejaran mobil seperti Fast & Furious juga membangkitkan naluri mengemudi

Bukan hanya tentang mengemudi agresif, penelitian tersebut menegaskan bahwa pengemudi berusia muda dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah cenderung mengalami kecelakaan dalam enam bulan pertama setelah lulus ujian mengemudi mereka. Faktanya, satu dari lima pengemudi di Inggris biasanya mengalami kecelakaan dalam beberapa bulan pertama.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”