Pentingnya Selimut Mobil Untuk Mencegah Pencurian

Avatar
Pentingnya Selimut Mobil Untuk Mencegah Pencurian

www.daytekno.com

Kejahatan sering kali terjadi karena ada kesempatan, tapi tidak sedikit kejahatan yang benar-benar direncanakan. Termasuk pencurian kendaraan bermotor seperti mobil maupun sepeda motor. Mereka memperhitungkan dengan seksama agar aksinya berjalan mulus. Misalnya, mereka memilih lokasi pinggir jalan raya atau jalan kampung yang tanpa penjagaan dibanding gang sempit dan rumit untuk dilewati.

Pencuri lebih suka mencari sasaran yang minim pengaman

Target sasaran yang mudah

Kemudian untuk sasaran mereka lebih banyak dipilih kendaraan tanpa tuan yang diparkir di pinggir jalan atau ditinggal di depan rumah begitu saja. Hanya sebagian kecil yang menyasar kendaraan di dalam garasi atau di halaman rumah berpagar. Mereka juga lebih memilih kendaraan yang lebih mudah untuk dibawa kabur karena minim pengamanan. Berikutnya mereka memilih waktu yang tepat untuk beroperasi, misalnya dini hari antara jam 2 sampai jam 3 dimana sebagian besar orang terlelap tidur.

Nah, soal keamanan hal tersebut sangat dipikirkan oleh pabrikan, namun sebatas pada teknis dan mekanis produk. Misalnya kunci mobil dengan immobilizer yang akan membuat mobil tidak bisa dinyalakan jika bukan oleh kunci aslinya, Keyless entry dan Smartkey yang membuat pintu mobil hanya bisa dibuka dan mesin bisa distarter oleh si pemilik yang mengantonginya, atau alarm getar yang akan berbunyi saat terjadi getaran signifikan pada kendaraan.

Pada penerapannya, kehati-hatian si pemilik tetaplah yang utama karena secanggih apapun sistem pengamanan mobil masih mungkin untuk ‘diakali’ otak manusia. Pemilik harus menerapkan tindakan pengamanan agar mobil lebih sulit dibawa kabur pencuri. Misalnya mengunci mobil, menyimpannya di garasi berpagar dan berpintu, tidak parkir sembarangan, atau memasang pengaman tambahan seperti kunci roda, kunci setir dan yang lain.

Baca Juga;  Dilema Mobil Korban Banjir, Perbaiki Lalu Jual atau Dipakai Sampai Bobrok

Gunakan kunci setir lebih aman dari pencurian

Selimut mobil

Cover atau selimut mobil meski kelihatan sederhana, tapi bermanfaat besar membantu mencegah pencurian. Ada banyak alasan mengapa piranti yang satu ini penting.

Selain melindungi dari tindakan pencurian, selimut mobil melindungi fisik mobil dari kotoran, debu, embun di malam hari, atau terik sinar matahari di siang hari. Dengan begitu mobil selalu dalam kondisi baik bahkan memiliki nilai jual tinggi di kemudian hari. .

“Jangan lupa pemasangan cover mobil yang bagus, selain menambah keamanan juga bisa melindungi cat kendaraan dari bercak akibat debu yang disertai hujan dan panas matahari,” kata Suparna, Service Manager Auto2000 kepada salah satu media.

Sarung mobil melindungi mobil dari berbagai kotoran, debu dan tindak kejahatan