Hai sobat DayTekno, Telegram adalah aplikasi messenger yang ringan dipakai. Walaupun kalah saing dengan whatsapp namun fitur yang ditawarkan telegram sangat lengkap. Mulai dari bot, secret, sticker dan penyimpanan. Baca juga artikel Cara Membuat Telegram Jadi Penyimpanan Dokumen
Perbedaan grup chat dan channel di telegram
Namun dari fitur menarik di atas, telegram mempunyai fitur lagi yaitu grup chat dan channel. Jika diliat sekilas grup dan channel tidak memiliki banyak perbedaan. Pasalnya sama-sama digunakan sebagai tempat berkumpul berbagi informasi dalam satu wadah.
Sobat DayTekno udah tau belum kalau grup dan channel telegram mempunyai perbedaan lho. Mau tau apa perbedaannya….

Perbedaan Grup dan Channel di Telegram

1. Channel Tidak Ada Batasan Jumlah Anggota

Perbedaan pertama sudah pasti terlihat sob. Sebab grup telegram hanya dibatasi sampai 200 ribu anggota. Grup chat cocok untuk berdiskusi dengan anggota tak lebih dari jumlah tersebut. Meskipun dibatasi angka segitu sudah cukup besar untuk sebuah grup chat.
Jika sobat DayTekno menginginkan anggota yang lebih banyak, Sobat DayTekno bisa memakai fitur channel. Sebab, channel telegram mempunyai kelebihan yaitu tanpa batasan anggota. Bahkan ada yang mencapai 300 ribu anggota, bahkan ada yang masih lebih banyak lagi anggotanya.

2. Beda Fungsi

Grup telegram adalah fitur yang dapat terhubung dan berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus dalam satu wadah. Baik admin maupun anggota dapat saling menanggapi pembicaraan satu sama lain. Sehingga grup chat berfungsi untuk diskusi sesama anggota grup.
Sedangkan channel telegram adalah fitur untuk melakukan siaran ke banyak orang. Dengan channel pelanggan dapat memperoleh informasi bersamaan di tempat yang sama.

3. Berbeda Arah Hubungan Interaksi

Dalam grup chat anggota dapat saling berinteraksi, saling menanggapi, membaca maupun mengirim pesan. Ini yang dinamakan hubungan interaksi dua arah.
Berbanding terbalik dengan channel telegram. Pelanggan tidak bisa mengirim pesan ke channel tersebut. Hanya admin yang memiliki wewenang untuk mengirim dan menulis di channel tersebut. Ini dinamakan hubungan searah di channel telegram.  
Nah itu lah perbedaan antara grup dan channel telegram. Gimana udah tau kan?