Review D-Link DIR-895L: Tawarkan Desain Unik dan Kinerja Kencang

Avatar
Review D-Link DIR-895L: Tawarkan Desain Unik dan Kinerja Kencang

www.daytekno.com – DIR-895L adalah salah satu dari beberapa varian wireless router kelas atas yang dimiliki oleh D-Link. Wireless router ini tampil unik berkat bentuknya yang menyerupai sebuah pesawat tempur yang canggih. Garis desainnya sangat mirip dengan pendahulunya yaitu DIR-890L.

Bedanya, DIR-895L memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Wireless router ini hadir dengan dukungan koneksi nirkabel 802.11ac dan 3 pita operasi, terdiri dari 1 pita 2,4 GHz dan 2 pita 5 GHz. Pita 2,4 GHz mendukung koneksi 802.11b/g/n dengan kecepatan maksimal 1.000 Mbps, sedangkan 2 pita 5 GHz masing-masing memiliki kecepatan maksimal 2.167 Mbps. Kecepatan total maksimalnya adalah sekitar 5.300 Mbps.

Kecepatan total tersebut mampu dicapai berkat penggunaan chip Broadcom serta fitur NitroQAM. Namun untuk memanfaatkannya, perangkat nirkabel lain yang Anda gunakan juga harus mendukung teknologi tersebut. Jika tidak, wireless router ini akan berfungsi layaknya sebuah wireless router AC2600.

DIR-895L pun menghadirkan fitur Smart Connect. Fitur ini akan menggabungkan seluruh SSID dari tiga pita operasi. Pengguna akan melihat satu SSID saja sehingga lebih mudah. Pengaturan perangkat yang terhubung akan diatur secara otomatis. Namun, kadang DIR-895L masih salah melakukannya. Misalnya, smartphone dengan kemampuan nirkabel 5 GHz malah hanya terhubung ke pita 2,4 GHz.

DIR-895L dilengkapi dengan delapan antena yang mengelilingi bodinya. Seluruh antenanya juga bisa dilepas sehingga bisa diganti dengan yang lebih besar lagi.

Soal kinerjanya, D-Link DIR-895L mampu memberikan kecepatan yang sangat baik. Saat tidak memanfaatkan teknologi NitroQAM pun, wireless router ini tetap mampu memberikan kecepatan rata-rata sekitar 280 Mbps di pita 2,4 GHz, dan sekitar 483 Mbps di pita 5 GHz. Kecepatan sebesar itu sudah nyaman untuk melakukan transfer data berukuran besar seperti streaming.

Baca Juga;  Inilah Stuntronic, Robot Spider-Man di Disneyland yang Bisa Melompat dan Terbang Seperti Sungguhan

Kesimpulan

Dengan harga Rp3.999.000, D-Link DIR-895L relatif terjangkau jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkannya. Anda akan mendapatkan sebuah wireless router dengan desain menarik serta kinerja tinggi, apalagi bila perangkat yang terhubung mendukung NitroQAM. (Steven Irwandi)

Plus: Kinerja kencang, port LAN banyak, mendukung MU-MIMO, ada aplikasi mobile.

Minus: Dimensi besar, fitur Smart Connect kadang kurang akurat.

Spesifikasi