Review SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB: Cepat dan Tangguh

Avatar
Review SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB: Cepat dan Tangguh

www.daytekno.com – Kehadiran SSD telah mengubah lanskap media simpan untuk PC desktop dan laptop. Kini SSD sudah lazim menjadi pilihan untuk media simpan utama pada PC desktop dan laptop. Pasalnya, secara umum SSD memang memberikan kinerja yang lebih baik dari HDD. Itu pula yang ditawarkan oleh SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 yang merupakan media simpan portabel. Adapun varian yang hadir di InfoKomputer dan diuji kali ini adalah yang berkapasitas 2 TB.

Sebagai media simpan eksternal yang portabel, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB pun tidak hanya menawarkan kecepatan transfer yang bagus. Perangkat ini juga menawarkan dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan. Selain itu, sebagai SSD, SanDisk Extreme Pro SSD V2 juga lebih tahan terhadap guncangan dibandingkan HDD.

SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB hadir dengan dimensi 11,03 x 5,73 x 1,02 cm dan bobot sekitar 80 gr. Dibandingkan HDD portabel 2,5 inci pada umumnya, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB lebih ringkas dan ringan. Ambil contoh My Passport 2 TB dari Western Digital yang memiliki dimensi 10,72 x 7,5 x 1,12 cm dan bobot sekitar 120 gr; SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB jelas lebih ringkas dan lebih ringan.

Sementara, untuk kinerjanya, menilik dari antarmuka yang digunakan, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB sewajarnya memiliki kinerja yang tinggi. Pasalnya, SanDisk Extreme Pro SSD V2 menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2×2. Antarmuka ini menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 2,43 GB/s.

Namun, dalam pengujian yang InfoKomputer lakukan, antarmuka yang digunakan adalah USB 3.2 Gen 2. Antarmuka itu menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 1,21 GB/s alias hanya setengah USB 3.2 Gen 2×2. Tesbed yang InfoKomputer gunakan untuk pengujian media simpan eksternal belum mendukung USB 3.2 Gen 2×2. Ketersediaan PC dekstop maupun laptop yang mendukung USB 3.2 Gen 2×2 memang masih terbatas.

Baca Juga;  Review Singkat realme Book: Laptop Pertama dengan Fitur Memikat

Berdasarkan pengujian yang InfoKomputer lakukan, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB memang menawarkan kecepatan transfer yang tinggi untuk suatu media simpan portabel. Pada pengujian HD Tune Pro 5.70 File Benchmark misalnya, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB beroleh kecepatan transfer rata-rata sekitar 981,6 MB/s untuk pembacaan dan sekitar 942,8 MB/s untuk penulisan. Kecepatan transfer tersebut bisa dibilang jauh lebih tinggi dari HDD portabel 2,5 inci mana pun. Lagipula, kecepatan transfer SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB stabil dari awal sampai akhir, tidak seperti HDD yang biasanya makin rendah makin ke belakang. Hasil uji lengkapnya bisa dilihat pada Tabel Hasil Uji.

SanDisk juga menambahkan bahwa Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB tahan debu dan air. SanDisk menyebutkan Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB merupakan perangkat IP55. Hal ini berarti SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB sulit kemasukan debu dan bila masuk pun tidak akan mengganggu operasinya; serta tidak akan rusak bila terkena air, tetapi bukan berarti bisa direndam. Selain itu, SanDisk juga menegaskan Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB tidak akan rusak meski jatuh dari jarak 2 m. Dengan kata lain, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB adalah perangkat yang tangguh.

Sasis SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB sendiri diklaim menggunakan aluminium yang ditempa. Sasis ini dilengkapi bungkus silikon, tetapi bungkus silikon tersebut tidak membungkus seluruh aluminium; masih ada bagian aluminium yang terekspos; maupun bodi SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB. SanDisk menjelaskan bahwa sasis aluminium bersangkutan juga berfungsi untuk mendisipasi panas yang dihasilkan media simpan portabel ini. Tujuannya agar kinerja SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB bisa tetap tinggi meski dibebani penuh dalam jangka waktu yang lama. Terdapat pula lubang untuk carabiner yang memudahkannya dibawa-bawa dengan cara mengaitkannya ke sesuatu.

Baca Juga;  3 Cara Restart iPhone Tanpa Menyentuh Layar dengan Mudah

Seperti beberapa media simpan portabel lain dari Western Digital, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB juga dilengkapi dengan opsi enkripsi AES 256 bit yang diklaim secara peranti keras terhadap data yang disimpannya. Sewajarnya hanya yang mengetahui kata kunci yang bisa membuka dan melihat data pada SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB bila opsi itu diaktifkan. Pengaktifannya sendiri adalah melalui aplikasi SanDisk Security.

Selain harga yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan HDD portabel 2,5 dengan kapasitas yang serupa, “kekurangan” lain dari SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB adalah panas. Adapun panas yang dimaksud di sini lebih kepada panas yang membuat SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB tidak nyaman digenggam. Selain itu, bagian aluminium yang terekspos memiliki suhu lebih tinggi dari bagian lain. Alhasil, yang belum familier dengan SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB bisa terkejut akibat perbedaan suhu yang dimaksud ketika memegang media simpan portabel ini dalam kondisi panas. Namun, setidaknya dari pengujian InfoKomputer, kinerja SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB memang tidak turun meski dibebani dalam jangka waktu yang lama.

InfoKomputer pun coba mengukur suhu SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB ketika digunakan menyalin tiga berkas berukuran besar secara berurutan. Penyalinan itu membutuhkan waktu sekitar 16,5 menit. Suhu yang berhasil InfoKomputer catat adalah sekitar 54° C untuk bagian aluminium yang terekspos dan sekitar 46° C untuk bagian bodi. Adapun suhu awal aluminium dan bodi SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB adalah sekitar 33° C dan suhu rungan sekitar 26° C. Pengujian terhadap suhu aluminium dan bodi dilakukan sendiri-sendiri.

Baca Juga;  Western Digital Rilis SSD WD Blue SN570 di Indonesia, Ini Harganya

Kesimpulan

SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB merupakan media simpan portabel yang cepat, ringkas, ringan, dan tangguh. Cocok untuk Anda yang sering membawa dan perlu mentransfer aneka berkas berukuran besar dalam waktu singkat. Anda pun tidak perlu khawatir membawanya ke berbagai tempat. Namun, harga yang harus ditebus untuknya memang jauh lebih tinggi dibandingkan kebanyakan HDD portabel.

Plus: Kinerja tinggi untuk media simpan portabel, dimensi ringkas, bobot ringan, tangguh, mendukung enkripsi AES 256 bit secara peranti keras.

Minus: Panas yang dihasilkan ketika dan sesaat setelah bekerja keras cukup lama membuatnya tidak nyaman digenggam, harga relatif sangat tinggi.

Hasil Uji

Spesifikasi