Saat #DiRumahAja Jangan Lupakan Perawatan Mobil di Garasi

Avatar
Saat #DiRumahAja Jangan Lupakan Perawatan Mobil di Garasi

www.daytekno.com

Saat ini pemerintah masih menganjurkan masyarakat untuk #dirumahaja demi memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Sekolah diliburkan dan juga para pekerja kantoran mayoritas bekerja dari rumah. Tapi hal ini membawa satu persoalan bagi mereka yang memiliki kendaraan, karena bisa dipastikan mobil Anda ini akan hanya diam saja di garasi rumah.

Tentunya jika mobil terlalu lama diam di garasi akan menyebabkan beberapa masalah. Untuk itu sebaiknya Anda juga harus rajin mengecek kondisi mobil Anda. Dilansir dari laman Mitsubishi-motors berikut ini adalah beberapa cara untuk perawatan mobil di garasi.

Meski mobil hanya berdiam di garasi Anda juga harus tetap merawatnya

Jangan Lupa Panaskan Mesin

Hal ini yang harus Anda lakukan minimal setiap tiga hari sekali. Jika mobil terlalu lama diam maka akan menimbulkan masalah pada bagian aki atau baterai. Maka dari itu jangan lupa untuk menjaga RPM pada range minimal 1.500 rpm pada saat memanaskan mesin, kurang lebih 10 -15 menit. Karena pada putaran mesin di bawah itu (1.500 rpm), pengisian daya ke aki kurang optimal.

Jika mesin tidak Anda nyalakan secara rutin, bisa dipastikan kemampuannya melemah, mengingat tidak adanya siklus pengisian ulang daya dari alternator yang terjadi seperti saat mesin hidup atau berjalan.

Periksa kondisi oli mesin untuk memastikan mesin terlumasi dengan baik

Periksa Oli Mesin

Jika mobil terlalu lama parkir di garasi kemungkinan oli mesin mengendap akan mengendap di bagian bawah mesin. Jika sudah seperti ini fungsi oli untuk melumasi bagian mesin jadi berkurang. Ketika Anda menyalakan mesin akan terjadi gesekan antara komponen mesin karena oli tersebut tidak berfungsi melumasi dengan maksimal. Saat mobil sudah terlalu lama terparkir di garasi sebaiknya ganti oli terlebih dahulu.

Baca Juga;  Menggunakan City Car untuk Perjalanan Jauh? Kenapa Tidak!

Cek Tekanan Angin pada Ban

Langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan perawatan mobil di garasi adalah cek kondisi tekanan ban. Mobil yang cenderung lama di garasi kemungkinan besar tekanan anginnya akan berkurang dan menyebabkan rata sebelah atau flat spot. Jika sudah begini maka kerusakan di kaki-kaki bisa juga menjalar ke bearing roda, karena beban hanya bertumpu pada satu titik. Jika ingin memarkirkan dalam waktu panjang, sebaiknya isi dengan tekanan angin maksimal. Lakukan juga pengecekan setiap seminggu sekali atau mendongkrak mobil supaya ban tidak langsung menyentuh lantai.