Salah Kaprah yang Membuat Orang Enggan Memiliki Asuransi Mobil

Avatar
Salah Kaprah yang Membuat Orang Enggan Memiliki Asuransi Mobil

www.daytekno.com – Masih banyak pemilik kendaraan pribadi yang enggan memiliki asuransi mobil dengan beragam alasannya. Ada yang berpikir asuransi mobil hanya merugikan pengguna karena premi yang harus dibayar secara berkala.

Padahal, setiap asuransi hadir untuk melindungi pemilik dari segala risiko yang berkaitan dengan jenis asuransi. Serta berbagai alasan lain yang membuat banyak orang berpikir asuransi mobil lebih banyak merugikan di bandingkan keuntungan yang diperoleh.

Dalam asuransi kendaraan, ada yang namanya rate premi asuransi mobil premi tersebut merupakan pedoman batas atas dan bawah besaran premi yang dibuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, setiap perusahaan asuransi harus mengikuti ketentuan tersebut.

Misalnya, Anda dapat bertanya besaran premi asuransi mobil All Risk Honda , tahun dan tipe mobil, maka akan dibantu menghitungnya. Perhitungan besaran premi sendiri berdasarkan jenis asuransi yang dipilih, wilayah tertanggung dan harga mobil.

Kebanyakan kondisi tersebut disebabkan karena kesalahan seseorang memahami asuransi. Berikut ini adalah beberapa salah kaprah yang membuat orang memilih tidak memiliki asuransi mobil:

Pembayaran Premi Mahal Tidak Sebanding dengan Manfaat Asuransi

Salah satu kesalahan memahami asuransi yang sering terjadi adalah terkait premi yang harus dibayar peserta asuransi. Banyak orang berpikir besaran premi yang besar tidak sebanding dengan keuntungan peserta.

Padahal, besaran asuransi telah dihitung sesuai dengan manfaat yang bisa diterima peserta asuransi. Rate premi tersebut dibuat untuk melindungi peserta asuransi dari kerugian.

Jadi selama penyedia asuransi yang Anda pilih legal di bawah pengawasan OJK, jangan khawatir akan dirugikan. Yang terpenting, Anda juga harus memahami cara menghitung besaran premi yang harus dibayar sesuai dengan keuntungannya.

Besaran Premi Memberatkan

Masih banyak pula yang berpikir besaran premi asuransi terlalu besar sehingga memberatkan. Mungkin karena banyak orang belum tahu bahwa besaran premi dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial serta kebutuhan manfaat yang didapat.

Baca Juga;  BMW X5 Terbaru Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Ada Varian Hybrid

Ketika hendak mendaftar asuransi mobil, calon peserta akan diberikan pilihan, mulai dari jenis asuransi, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) memiliki premi lebih murah atau asuransi All Risk yang lebih mahal. Pilihan dapat dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Jika bingung tidak ada salahnya mengajukan banyak pertanyaan, katakan dengan jujur kemampuan finansial Anda maka petugas asuransi akan memberikan pilihan yang sesuai.

Semakin mahal harga mobil Anda, maka semakin besar kisaran preminya. Jadi besaran premi yang harus dibayar sesuai dengan keuntungan yang diterima nantinya.

Sulit Melakukan Klaim

Proses klaim yang rumit sering pula menjadi alasan orang malas memiliki asuransi. Pada asuransi mobil, ketika terjadi kerusakan pemegang asuransi harus melakukan klaim untuk mendapatkan biaya perbaikan.

Proses inilah yang dianggap menyulitkan pemegang asuransi. Nyatanya prosedur yang dibuat juga untuk melindungi kepentingan bersama, menghindari oknum yang dengan sengaja melakukan perusakan untuk melakukan klaim asuransi.

Prosedur ini juga tidak akan rumit ketika Anda sudah menyiapkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang menjadi persyaratan diantaranya, fotocopy identitas pemegang asuransi.

Surat izin mengemudi, identitas kendaraan berupa BPKB dan STNK, foto kendaraan yang memperlihatkan kerusakan dan formulir pendaftaran klaim yang bisa didapat di agen asuransi. Jika sudah memenuhi dokumen, pengajuan klaim akan segera diproses.

Prosedur Pendaftaran yang Rumit

Selain kesulitan untuk melakukan klaim, banyak orang yang enggan mendaftar sebagai peserta asuransi karena menilai prosedur pendaftaran yang rumit. Untuk membeli produk asuransi memang harus memenuhi beberapa syarat.

Seperti memerlukan beberapa dokumen, namun proses selanjutnya tidaklah rumit. Jika persyaratan sudah lengkap permintaan akan segera diproses.

Saat ini semakin banyak penyedia jasa asuransi yang bersaing memberikan pelayanan terbaiknya, mudah dan cepat. Terlebih saat ini proses memiliki asuransi semakin mudah dengan beragam layanan online.

Baca Juga;  Royal Enfield Siapkan Motor Baru, Pakai Mesin 450 cc Liquid Cooled

Anda dapat mendapat layanan dari mana saja dan kapan saja dengan cepat. Tentu selama terdapat jaringan internet.

Itulah beberapa salah kaprah yang membuat orang enggan memiliki asuransi mobil. Padahal, kesalahan pandangan tersebut tidak benar, jadi tidak ada alasan untuk tidak memilih asuransi mobil untuk perlindungan kendaraan Anda.

Agar bisa maksimal memanfaatkan jenis perlindungan satu ini, maka pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda!***