www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/23/f8286LtF/wiper-ece2.jpg”>

Dari berbagai jenis wiper semuanya memiliki fungsi sama yakni menyingkirkan air hujan dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap maksimal. Karenanya harus dipastikan wiper dan kaca mobil semuanya dalam kondisi yang terbaik dan tidak error.

Berfungsi menyingkirkan air dari kaca mobil, wiper harus dalam kondisi baik

Masalahnya, sebagian pengemudi memiliki kebiasaan buruk yang bikin wiper dan kaca mobil bermasalah yaitu membersihkan debu di kaca mobil dengan wiper dan tidak menggunakan air. Menurut Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, kebiasaan buruk ini berawal dari perilaku malas mencuci mobil. “Entah karena malas atau tidak sempat mencuci mobil, kacanya berdebu, dan pemilik mobil membersihkannya dengan menggunakan wiper. Padahal, kebiasaan ini sangat salah dilakukan,” ujar Bambang seperti dikutip dari Kompas, (22/5/2019).

Akibat membersihkan debu di kaca mobil pakai wiper dalam keadaan kering karet wiper menjadi rusak dan kaca mobil timbul goresan. “Debu-debu atau pasir halus yang menempel pada karet wiper juga dapat menyebabkan goresan halus pada kaca,” lanjutnya.

Efek lain yang timbul, wiper tidak bekerja optimal menyingkirkan air dari kaca mobil saat hujan dan goresan kaca membuat kenyamanan mengemudi terganggu. Belum lagi jika di malam hari goresan kaca menimbulkan pantulan cahaya dari kendaraan lain yang mengganggu visibilitas. Tentu ini cukup berbahaya.

Kaca mobil berdebu, jangan langsung di bersihkan pakai wiper

Solusi agar hal ini tidak terjadi, pengemudi jangan sekali-kali menyalakan wiper dalam kondisi kaca mobil kotor oleh debu dalam kondisi kering, tapi basahi dulu menggunakan air dan bila perlu gunakan pembersih kaca khusus atau air wiper bertanda ‘washer fluid only’.

Baca Juga;  4 Tips Penting Merawat Transmisi Matik Pada Saat #DirumahAja

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x