Mobil  

Seputar Reliant Regal, Mobil Unik yang Bikin Jengkel Mr. Bean

Avatar
Seputar Reliant Regal, Mobil Unik yang Bikin Jengkel Mr. Bean

www.daytekno.com – Dalam serial komedi Mr. Bean, Rowan Atkinson selaku Mr. Bean kerap berakting menampilkan wajah jengkel jika melihat ada mobil Reliant Regal di depannya. Misalnya, dalam adegan ketika Mr. Bean ingin mendahului mobil tersebut.

Mobil ini menarik perhatian karena desain uniknya yang hanya menggunakan tiga roda. Karena hanya menggunakan tiga roda, mobil ini memang mudah terbalik jika melakukan manuver mendadak. Namun terlepas dari sisi komedi yang ditampilkan dalam serial tersebut, Reliant Regal memang termasuk salah satu mobil yang cukup menarik. Berikut beberapa fakta mengenai mobil beroda tiga tersebut seperti dilansir Liputan6.com.

Produksi Reliant Motors

Mobil roda tiga ini memang benar-benar diproduksi oleh Reliant Motors Company yang bermarkas di Tamworth, Inggirs. Mobil ini dihadirkan sebagai penerus dari Reliant Regent.

Lisensi sepeda motor

Menariknya, Reliant Regal berdasarkan undang-undang di Inggris dianggap sebagai sepeda motor roda tiga. Alhasil, pengendara cukup mempunyai lisensi sepeda motor yang bisa mengendarainya.

Material fiberglass

Mobil ini menggunakan fiberglass untuk pembuatan bodi dan sasis. Hal ini dilakukan untuk bisa mengurangi bobot mobil. Diketahui bobotnya cukup ringan, yakni 355 kg. Dengan bobot ringan dan mesin kecil, mobil ini menjadi salah satu kendaraan murah yang dipasarkan di Inggris.

Mesin

Mobil ini didukung dengan mesin 701cc. Dari dapur pacu tersebut, mobil ini mampu hasilkan tenaga sebesar 30 bhp dan torsi 65,71 Nm. Kemudian untuk mencapai 0-100 km/jam, Reliant Regal membutuhkan waktu 30 detik. Kecepatan maksimumnya di angka 104 km/jam.

Adapun dimensi mobil ini memang cukup imut yakni panjang 3,4 meter, tinggi 1,4 meter, dan lebar juga 1,4 meter serta berbobot hanya 445 kg saja. Pertama diproduksi tahun 1953, Reliant Regal punya banyak versi dan update hingga yang sering muncul di serial Mr. Bean adalah Reliant Regal Supervan III.

Baca Juga;  IIMS 2022: BMW 320i Sport Dapat Penyegaran, Fitur Canggih Semakin Banyak

Perjalanan Reliant Regal tak berhenti di tahun 1973 karena diteruskan lagi oleh Reliant Robin dan Reliant Rialto yang sama-sama punya tiga roda. Malah, Reliant Robin diproduksi sampai tahun 2002.

Sumber gambar: Shutterstock