Wisata  

Soto Triwindu, Kuliner Legendaris Asal Surakarta Yang Bikin Kangen Rumah

Avatar
Soto Triwindu, Kuliner Legendaris Asal Surakarta Yang Bikin Kangen Rumah

www.daytekno.com – Alamat: Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131Map: Klik DisiniJam Buka: 05.30-15.30 WIB (Senin-Minggu)No. Telp: 0271 64 6006WhatsApp:–

Daftar Harga Menu

– Soto Triwindu Rp. 16.000– Soto Bawa Pulang Rp. 17.000– Empal Rp. 17.000– Lidah Rp. 17.000– Paru Rp. 17.000– Iso Rp. 17.000– Limpa Rp. 17.000– Babat Rp. 17.000– Otak Rp. 17.000– Tempe Rp. 4.000– Tahu Rp. 4.000– Lentho Rp. 4.000– Perkedel Rp. 4.000– Bakwan Rp. 4.000– Rempeyek Rp. 5.000

Daftar Harga Minuman

– Teh Manis Rp. 3.000– Es Teh Manis Rp. 4.000– Es/Jeruk Rp. 5.000– Es/Beras Kencur Rp. 5.000– Es/Gula Asem Rp. 5.000

Parkir Motor: Rp. 3.000Parkir Mobil: Rp. 5.000

Kalau ngomongin kuliner Nusantara sepertinya tidak akan pernah ada habisnya ya. Indonesia kita ini memang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Salah satu kota yang terkenal dengan kekayaan kulinernya yakni Solo.

Sebagian dari kamu mungkin hanya mengenal Solo sebagai salah satu Kota penghasil Batik terbaik. Namun disisi lain, Solo juga memiliki banyak kuliner andalan yang patut untuk diicip.

Sebagian dari kamu tentu sudah tau ya, jika kuliner Jogja dan Solo banyak didominasi oleh rasa manis. Nah, buat kamu yang tidak terlalu suka makanan manis, maka kami punya rekomendasi menu gurih dan lezat untuk dijajal.

Dari sekian banyak kuliner gurih di Solo, ada lho satu makanan yang menjadi favoritnya Presiden Jokowi, apalagi kalau bukan Soto Triwindu. Bukan hanya Keluarga Presiden saja, namun Soto Triwindu banyak juga difavoritkan oleh kalangan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Selain Presiden Jokowi, Soto Triwindu memang sudah lama menjadi primadona kuliner legendaris di Kota Solo. Cita rasanya yang selalu terjaga dari jaman ke jaman membuat para pelanggan Soto Triwindu tak pernah bosan untuk menyantapnya.

Baca Juga;  15 Tempat Wisata di Bone Terbaru, Terindah dan Paling Hits

Meskipun hanya berupa warung makan sederhana, namun dibalik penampilannya tersebut tersimpan cita rasa yang luar biasa lezatnya. Keistimewaan Soto Triwindu ini terletak di kuah kaldu daging sapinya yang rasanya gurih.

Proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional membuat rasa Soto Triwindu semakin lezat dimulut. Satu mangkuk Soto Triwindu sendiri terdiri dari Nasi Putih, Tauge, Daging Sapi, taburan bawang goreng dan sledri.

Agar rasanya semakin nampol, kamu bisa menambahkan aneka macam lauk yang telah disediakan seperti tahu, tempe, paru, kikil, babat, iso, empal, otak, lento, perkedel, bakwan, peyek, sosis dan masih banyak lagi lainnya.

Perpaduan antara rasa gurih dan asin yang pas membuat Soto Triwindu ini sangat cocok untuk menemani jam makan siangmu. Porsinya yang tidak terlalu banyak pun menjadi salah satu keunggulan dari Soto Triwindu.

Selain menu sotonya, salah satu keunggulan lain dari warung soto ini adalah disuguhkannya menu minuman tradisional seperti wedang beras kencur dan gula asem. Dua menu minuman tersebut semakin menambah kesan tradisional dari kedai Soto Triwindu.

Salah satu selling point dari Soto Triwindu ini yakni terletak dari pemilihan daging sapi yang empuk dan tidak alot. Tak heran jika penikmat Soto Triwindu ini bukan hanya berasal dari dalam kota saja tetapi luar daerah juga lho.

Jika kamu ingin menikmati seporsi mangkuk Soto Triwindu ini maka tak perlu menyiapkan kocek banyak-banyak. Sebab semangkuk Soto Triwindu hanya dihargai 16ribu saja, cukup murah bukan?

Jalan Menuju Lokasi

Buat kamu yang warga Kota Solo asli pasti tidak ada kesulitan bukan untuk menemukan dimana lokasi Soto Triwindu berada? Yap, Soto Triwindu memang berlokasi di tempat atau daerah yang cukup strategis yaitu berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

Baca Juga;  10 Tempat Wisata di Brunei Darussalam yang Wajib Dikunjungi

Jika dijangkau dari Stasiun Solo Balapan, kamu bisa berjalan kaki sekitar 15 menit untuk bisa sampai di Warung Soto Triwindu. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu cukup mengakses arahan petunjuk jalan yang sudah kami siapkan diatas.

Akses jalan menuju Soto Triwindu memang cukup mudah dijangkau. Lokasinya yang agak sedikit masuk ke gang, memungkinkan kamu agar memarkikan kendaraan roda empatmu di tepi jalan. Tidak perlu khawatir, sebab area parkir Soto Triwindu sudah dijaga oleh petugas.

Apabila masih kesulitan menemukan dimana lokasi Soto Triwindu berada, maka kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi petunjuk jalan yang terpasang di smartphonemu seperti Waze dan sejenisnya.

Fasilitas

Dilihat dari tampak luarnya, kamu pasti sudah bisa menduga bahwa Kedai Soto Triwindu ini hanyalah warung makan sederhana ya. Meksipun ruangannya tidak begitu luas namun disini kamu masih tetap bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya seperti ruang makan yang penataannya cukup rapih, kipas angin, mushola, area parkir kendaraan dan toilet. Jumlah meja dan tempat duduk yang tidak terlalu banyak membuat Soto Triwindu ini selalu sesak dipenuhi oleh pengunjung, terutama saat jam makan siang.

Sekilas Tentang

Soto Triwindu, merupakan salah satu kuliner lawas dan sampai saat ini masih menjadi kudapan unggulan di Kota Solo. Cita rasanya yang khas membuat kuliner satu ini selalu dirindukan oleh para penggemarnya.

Awal mulanya, Soto Triwindu ini pertama kali dijual yaitu di Pasar Triwindu sejak tahun 1939. Sudah lebih dari 80 tahun lamanya Soto Triwindu mewarnai dunia perkulineran Nusantara khususnya di wilayah Kota Solo.

Soto Triwindu merupakan kuliner warisan turun menurun dari Hj. Yoso Sumarto yang mana kini diteuskan oleh Muwarni, Cucunya. Menurutnya, salah satu rahasia mengapa Soto Triwindu masih laris sampai sekarang bukan lain karena resep dan takaran dari bumbunya selalu konsisten.

Baca Juga;  Destinasi Wisata Kolam Renang Pilihan di Daerah Pacet Yang Bagus dan Apakah Ada Air Panasnya?

Sebagai penikmat kuliner sejati, Soto Triwindu ini memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan soto kebanyakan. Kuah kaldunya yang berwarna kecokelatan membuat Soto Triwindu ini terlihat menggiurkan untuk disantap.

Buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Solo ataupun Jogja, kurang afdol rasanya kalau nggak cobain icip Soto Triwindu ini. Kapan lagi yakan bisa nyobain kudapan favorit Keluarga Presiden Jokowi.

Bukan hanya lezat dimakan ditempat, Soto Triwindu juga nggak kalah nikmat jika dibungkus untuk dimakan dirumah lho. Jika tertarik ingin menjajal Soto Triwindu, maka datanglah mulai jam setengah 6 pagi sampai setengah 4 sore.

Mungkin buat kamu yang baru saja tiba di Kota Solo dan bingung ingin mencari sarapan, Soto Triwindu ini tepat sekali untuk dipilih lho. Selain sarapan, Soto Triwindu juga nggak kalah cocok untuk dijadikan menu makan siang.

Buktikan sendiri seperti apa keautentikan cita rasa dari Soto Triwindu ini yuk! Dijamin deh, kamu bakalan rindu terus untuk bertandang ke Kota Batik, Solo. So, tunggu apalagi guys? Buruan deh melipir ke Jalan Teuku Umar, Keprabon.