Mobil  

SUV Asal Cina Ini Gabungkan Desain Jeep dan Land Cruiser 300

Avatar
SUV Asal Cina Ini Gabungkan Desain Jeep dan Land Cruiser 300

www.daytekno.com – BEIJING – Salah satu yang unik dari pasar otomotif di Cina adalah produsen lokalnya kerap kali memproduksi kendaraan yang mirip dengan mobil buatan brand global yang populer. Salah satunya ialah BAIC yang baru saja meluncurkan sebuah SUV ladder-frame yang ditenagai mesin hybrid dan memiliki tampilan serupa dengan Jeep. Hal tersebut bisa Anda lihat dari fascia depannya yang menunjukkan desain grille kotak-kota dan terintegrasi dengan lampu depan LED.

Bagian mana yang membuat SUV BAIC BJ60 mirip dengan Jeep dan Land Cruiser 300?

Apa jenis layout chassis yang dipakai oleh BAIC BJ60?

Namun di sisi lain, SUV dengan nama BJ60 ini memiliki bodi yang juga mirip dengan mobil legendaris asal Jepang yakni Toyota Land Cruiser. Kehadiran BAIC BJ60 ini akan meramaikan pasar SUV di Cina dan menjadi pesaing utama dari Tank500 yang merupakan kendaraan sejenis buatan Great Wall Motors.

Di atas kertas BJ60 memiliki dimensi panjang mencapai 5.020 mm, lebar 1.925 dan tinggi 1.955 serta wheelbase mencapai 2.820mm. Angka tersebut membuatnya sedikit lebih panjang dari sebuah Land Cruiser 300 namun lebih kecil dari sebuah Mercedes-Benz GLS generasi sebelumnya.

Selain bodi, BAIC BJ60 ini juga mengadopsi fender dan garis jendela dari Land Cruiser 300 yang tegas dan menonjol. Desain lampu belakangnya dibuat lebih dinamis dan mengingatkan kita pada tampilan Ford Explorer terbaru. Sementara untuk mendukung kesan SUV pada BJ60, terdapat sejumlah ornamen pendukung seperti skidplate, roof rail dan velg berukuran 20-inci dengan sentuhan two-tone.

Beralih ke bagian interiornya, BJ60 didominasi oleh aksen putih yang membungkus seluruh jok, bagian atap serta door trimnya. SUV besar ini memiliki konfigurasi tujuh penumpang dengan tiga baris yang cukup lega dan didukung dengan layanan hiburan yang cukup lengkap.

Baca Juga;  MG ZS Mendapat Penyegaran, Kini Tersedia Dalam Tiga Varian

Pada bagian dashboardnya disajikan layar sentuh free standing berukuran 12 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone secara nirkabel. Tampilan layar kluster meternya pun sudah digital serta terdapat head-up display untuk informasi kendaraan di atasnya. Selain itu, kita juga akan dihadirkan oleh fitur ambient light serta kursi pemanas dan atap panoramic yang dioperasikan secara elektrik.

Meski BAIC sudah merilis foto-foto resminya namun detail mengenai spesifikasinya belum dipaparkan pada publik. Kabarnya BAIC BJ60 ini akan dibekali dengan penggerak all wheel drive, differential lock serta fitur pendukung off-road yang lengkap. Bahkan dikutip dari Carscoop mesin hybrid yang ditanamkan pada BJ60 mampu menjelajah hingga 1000 km serta berakselerasi 0 -100 km/jam dalam 6 detik.

BAIC juga membuka peluang bahwa SUV buatannya tersebut akan dipasarkan di luar Cina dimana permintaan SUV cukup tinggi. Namun sayangnya harga resmi untuk BJ60 juga belum dirilis hingga saat ini. (ALVANDO NOYA/EK)

Sumber: carscoop

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”