Travel  

Tiket Kereta Panoramic Bisa Dibeli di Stasiun dan Online, Ini Caranya

Avatar
Tiket Kereta Panoramic Bisa Dibeli di Stasiun dan Online, Ini Caranya

www.daytekno.com – Kereta Panoramic merupakan inovasi dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) yang sedang melalui soft launching pada Sabtu (24/12/2022) hingga Minggu (8/1/2023).

Selama periode tersebut, tiket kereta Panoramic bisa dibeli secara online (daring) maupun offline (di tempat).

“Untuk tiket Kereta Panoramic bisa dibeli secara offline apabila masih tersedia,” ujar Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar, saat ditemui Kompas.com di Stasiun Gambir, Selasa (27/12/2022).

Namun, opsi membeli tiket Kereta Panoramic secara offline kurang disarankan, kata Ilud, mengingat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Sebaiknya calon penumpang membeli secara online untuk memastikan ketersediaan.

Adapun tiket gerbong mewah ini terpantau sudah ludes terjual untuk periode mulai Rabu (28/12/2022) hingga Jumat (30/12/2022) di berbagai platform penjualan online.

“Alhamdulillah masyarakat menyambut cukup baik. Pemesanan Panoramic tanggal 29 sama 30 itu sudah penuh,” imbuh Ilud.

Sebagai informasi, sesuai namanya, Kereta Panoramic memiliki keunggulan berupa jendela berukuran lebar dan atap kaca untuk melihat panorama sepanjang perjalanan.

Dirangkai mengikuti KA Taksaka Tambahan, Kereta Panoramic sejauh ini hanya memiliki satu gerbong berkapasitas 46 kursi. Rutenya meliputi Gambir-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Kebumen-Kutoarjo-Yogyakarta.

Panduan beli tiket Kereta Panoramic

Selama periode soft launching, harga tiket kereta Panoramic dibanderol mulai Rp 750.000 hingga Rp 1 juta per orang. Biaya ini sudah termasuk semua fasilitas, termasuk snack, makanan, minuman, dan selimut.

Jika ingin membeli tiket kereta Panoramic, simak panduannya berikut ini.

Cara beli tiket Kereta Panoramic di stasiun

1. Datangi stasiun terdekat

Untuk membeli tiket kereta secara offline, pertama kamu harus mendatangi stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket.

Baca Juga;  Gratis, Kereta Api di Sulawesi Selatan Selama Uji Coba

2. Datang ke loket

Ketika tiba di stasiun, langsung menuju ke loket penjualan tiket kereta api. Sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Khusus Kereta Panoramic, kamu bisa menyebutkan permintaan khusus ingin menaiki kereta jenis itu. Petugas akan mengetik dan melakukan proses pembelian tiket kereta api.

3. Cek daftar harga dan jadwal keberangkatan

Kemudian, petugas akan menyampaikan daftar harga dan jadwal keberangkatan dari Kereta Panoramic, jika masih tersedia.

4. Pilih sesuai jadwal yang kamu inginkan

Jika sesuai, kamu tinggal memilih jadwal yang kamu inginkan kepada petugas loket. Usahakan untuk menyiapkannya sebelum menuju loket pembelian tiket agar tidak berlama-lama memilih jadwal.

5. Lakukan pembayaran

Berikutnya, kamu membayar ke petugas loket sesuai harga yang disampaikan petugas. Usahakan membayar dengan uang pas agar mempersingkat waktu.

6. Mendapatkan bukti pembayaran atau kode booking

Langkah terakhir, sama seperti tiket online, kamu akan mendapatkan kode booking yang akan dicetak pada saat hari keberangkatan.

Cara beli tiket Kereta Panoramic online

Terdapat beragam cara untuk memesan tiket kereta api secara daring, namun calon pelaku perjalanan wajib memerhatikan metode pembayaran dan durasi pemesanan.

Dilansir dari laman kai.id, misalnya, calon pelaku perjalanan yang ingin memesan tiket lewat KAI Access bisa melakukannya pada H-90 atau sampai satu jam sebelum keberangkatan.

Apalagi, perlu diperhatikan khusus tiket kereta Panoramic jumlahnya sangat terbatas dan banyak masyarakat yang berminat.

Berikut beberapa cara untuk memesan tiket kereta api online:

1. Beli tiket lewat KAI Access

Baca Juga;  Praktis, Naik Transportasi di Jakarta Pakai Aplikasi JakLingko Aja!

Cara mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi KAI Access di Google Play atau App Store di ponsel pintar. Kemudian, daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut.

Kamu bisa mendaftarkan diri dengan nomor telepon yang masih aktif. Sebagai identitas, kamu siapkan e-KTP dan cantumkan di tahapan daftar akun.

2. Beli tiket lewat website KAI

Kamu bisa membeli tiket kereta api secara daring lewat situs resmi PT KAI di kai.id. Saat masuk ke situs, di sebelah kiri terdapat menu pemesanan tiket.

Atur pemesanan tiket mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang. Kemudian, klik pesan dan cari Kereta Panoramic.

3. Beli tiket lewat contact center 121

Kamu juga bisa membeli tiket melalui telepon ke nomor 121, dan kamu akan tersambung dengan petugas yang melayani. Jangan lupa siapkan e-KTP dan identitas untuk kelancaran proses pembelian tiket kereta api.

Setelah dilayani petugas 121, kamu akan mendapatkan kode booking atau kode bayar yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM.

4. Beli tiket di kanal penjualan lainnya

PT KAI juga bekerja sama dengan beberapa kanal penjualan tiket, antara lain Indomaret dan Alfamart. Kemudian bisa juga melalui Traveloka, Tokopedia, dan Pegipegi.

Setelah melakukan transaksi, kamu akan mendapatkan kode booking. Saat tiba di stasiun, jangan lupa untuk mencetak kode booking itu di mesin cetak guna mendapat tiket kereta api.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.