Tips Memilih Oli Mobil Full Synthetic Terbaik untuk Kendaraan Anda

Avatar
Tips Memilih Oli Mobil Full Synthetic Terbaik untuk Kendaraan Anda

www.daytekno.com

Untuk menjaga daya tahan mobil, perawatan berkala tak bisa diganggu gugat. Selain membersihkan eksterior dan interior, mesin merupakan nyawa mobil. Karena itu, perawatannya pun harus diperhatikan. Termasuk mengganti oli mobil untuk mesin Anda. Berikut beberapa tips dari Cintamobil.com bagi Anda yang ingin memiliki oli mobil full synthetic terbaik untuk kendaraan Anda.

Perbedaan oli mineral dan oli sintetik

Secara garis besar, oli yang digunakan saat ini berada dalam dua bagian, oli mineral dan oli sintetik. Untuk oli sintetik sendiri dibagi pula menjadi dua tipe, oli full sintetik dan semi sintetik.

1. Oil Mineral

Sebelum hadirnya oli sintetik, oli mineral lebih dulu digunakan sebagai pelumas kendaraan. Dibandingkan oli full sintetik, oli mineral pada dasarnya adalah produk atau olahan yang berasal dari minyak bumi dan terbentuk dari turunan proses penyulingan fraksional minyak bumi. Oli mineral terdiri dari unsur alamiah seperti alkaline dan cyclic paraffin.

Untuk kendaraan lawas, Anda bisa menggunakan oli mineral

Beli Part menyebutkan bahwa beberapa kelebihan dari oli mineral adalah mampu mengikis komponen baru (silinder blok) untuk membuat komponen yang bertautan bisa selaras. Selain menjaga mesin motor lawas lebih awet, oli mineral juga membuat getaran mesin menjadi lebih halus ketika mesin dingin. Untuk masalah harga, oli jenis ini memang lebih murah.

Hanya saja, oli mineral masih memiliki banyak kekurangan, seperti meninggalkan kerk pada permukaan komponen mesin serta perbedaan performa mesin yang bisa Anda rasakan pada saat suhu mesin dingin dan panas.

2. Oli Sintetik

Melihat popularitasnya, oli sintetik banyak digunakan oleh pengendara mobil dan paling sering ditemui di bengkel-bengkel. Oli sitetik terbuat dari base oil yang berasal dari oil mineral. Menggunakan Polyalphaolifins, yaitu bahan terbersih dari pemilahan oli mineral menjadikan oli sintetik lebih baik dibandingkan oli mineral.

Baca Juga;  Special Safety Blanket Volvo agar Penumpang Tidur Nyenyak di Mobil Swakemudi

Oli sintetik baik digunakan untuk kendaraan berteknologi modern

Karena bahan yang lebih murni, beberapa kelebihan oli sintetik adalah pelumas yang lebih stabil pada temperatur tinggi sehingga tak mudah menguap dan menjaga agar mesin dingin untuk waktu yang lebih lama dari oli mineral. Oli sintetik juga tak cepat menghitam. Unsur kimia deterjen yang ada bisa mencegah endapan karbon pada mesin dan bisa membersihkan mesin dari kerak karbon.

Sayangnya, harga oli sintetik bisa dibilang lebih mahal dibandingkan oli mineral. Bahkan, Anda bisa menemukan perbedaan harganya hingga 2 sampai 4 kali lipat. Kekurangan lainnya yaitu oli jenis ini kurang bagus jika digunakan pada mobil/motor lawas. Namun dibandingkan oli mineral, banyak yang menggunakan oli sintetik karena kualitasnya yang lebih baik.

Memilih oli mobil full synthetic terbaik

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak pilihan tipe oli yang digunakan. Untuk mencegah masalah pada mesin, pastikan untuk memilih oli mesin sesuai dengan kondisi kendaraan. Dilansir dari Daihatsu, berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika akan memilih oli untuk kendaraan Anda.

1. Rekomendasi pabrikan

Bagi Anda yang ingin mengganti oli mesin, jadikan buku manual sebagai panduan pertama untuk mengganti oli. Selain itu, lakukan penggantian di bengkel resmi untuk memastikan keaslian oli yang digunakan. Namun jika Anda ingin mengganti oli di rumah, pastikan spesifikasi oli yang digunakan sesuai dengan yang digunakan pada buku manual kendaraan.

Pilih oli mobil full synthetic terbaik sesuai dengan spesifikasi kendaraan

2. Kekentalan oli

Kekentalan oli merupakan bagian penting dalam mendapatkan pelumas terbaik untuk mesin Anda. Jika Anda menggunakan mobil keluaran lama, atau penggunaan lebih dari lima tahun, gunakan oli yang lebih kental untuk melumasi mesin. Pada mobil keluaran terbaru, pilih oli encer untuk melumasi gaya gesek mesin yang masih terbilang rendah.

Baca Juga;  Penjualannya Tetap Tinggi, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota New Avanza Veloz 2019

Kekentalan oli dikenal dengan istilh SAE, kependekan dari Society of Automotive Engineer. Secara material kekentalan oli bukan hanya mengenai konsistensi cairan, tetapi juga kemampuan oli untuk beradaptasi di suhu rendah maupun tinggi.

3. Teknologi mobil

Banyak yang memilih oli full sintetik untuk mobil dengan teknologi terbaru yang membutuhkan sistem pelumasan yang lebih baik. Pada mesin dengan spesifikasi tinggi layaknya mobil balap, keunggulan oli sintetik sangat diperlukan. Dikarenakan unsur maupun kandungan pada oli sintetik dibuat untuk menawarkan performa yang lebih maksimal.

Pastikan oli mobil sesuai dengan teknologi mesin kendaraan Anda

Untuk kendaraan yang lebih modern, Anda bisa menggunakan oli full sintetik atau semi sintetik. Tapi tak perlu memaksakan untuk menggunakan oli sintetik pada semua kendaraan, terlebih untuk mobil bertahun rendah. Untuk itu, oli mineral bisa Anda gunakan.

Jika Anda ingin mencari oli mobil full synthetic terbaik, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan di bengkel maupun toko daring yang bisa Anda pesan dengan mudah ketika sedang #DirumahAja. Beberapa pilihannya termasuk Toyota Motor Oil (TMO), Shell Helix, Mobil 1, atau Pertamina Fastron dengan berbagai kekentalan.