www.daytekno.com – Hai pelaku UMKM! Ingin usahamu makin berkembang? Kalau iya, mulai kembangkan usahamu secara digital melalui tips mewujudkan UMKM Go Digital berikut, yuk!

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, dari 65 juta lebih UMKM di Indonesia, baru 26,5% saja yang sudah terhubung dalam ekosistem digital, lho!

Padahal era digital seperti sekarang UMKM punya banyak peluang kemudahan, seperti waktu transaksi yang singkat, memperluas target pasar, dan lain sebagainya.

Nah, supaya lebih siap untuk Go Digital, simak ulasan lengkap tentang tips UMKM Go Digital, yuk!

1. Paham Tujuan Go Digital

Sebelum masuk ke platform online, ada baiknya pelaku UMKM memahami apa tujuan mereka masuk ke platform tersebut.

Sebab, UMKM go digital bukan sekedar mendaftarkan nama bisnis secara online. Lebih dari itu, di platform ini UMKM wajib menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja, dan mengembangkan peluang bisnis.

2. Meningkatkan Kemampuan Digital

Untuk mewujudkan UMKM Go Digital, kamu perlu meningkatkan kemampuan digital untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Kemampuan digital merupakan pondasi UMKM Go Digital guna meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Apabila bekal kemampuan sudah dipenuhi, maka akan sangat mudah membuat UMKM kamu go digital.

Selain itu, pengelolaan dan pengembangan UMKM pun jadi lebih optimal.

3. Mencari Mentor Bisnis

Jangan buru-buru memutuskan untuk memulai go digital, Sobat KoinWorks. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, salah satunya mentor bisnis.

Baca Juga;  Kementerian ESDM setujui kontrak kerja sama 2 blok migas di Aceh

Kalau dipikir-pikir hal tersebut bisa memperlambat waktu untuk mengeksekusi ide. Akan tetapi, adanya mentor bisa mencegah UMKM mengalami kerugian, lho.

Seorang mentor bisnis yang paham akan dunia marketing akan memberikan saran pada pelaku UMKM dengan cara yang lebih eksklusif, baik pada awal memulai bisnis hingga kelanjutannya.

Itulah mengapa penting bagi suatu UMKM untuk memiliki pakar di bidangnya untuk menjadi acuan sebelum UMKM go digital.

    Siap Go Digital? Ini 6 Keuntungan UMKM Go Digital

    Pajak Penghasilan UMKM: Cara Daftar, Bayar, dan Lapor

4. Membangun Relasi

Untuk mewujudkan UMKM go digital, membangun relasi juga tak kalah pentingnya.

Mengapa?

Karena tak dapat dipungkiri UMKM memerlukan tenaga eksternal untuk membantu keberlangsungan usaha. Maka dari itu, memilih relasi pun tidak boleh sembarangan.

Pastikan kamu membangun relasi dengan rekan yang benar-benar paham dengan dunia digital. Hal ini bertujuan supaya hubungan yang terjalin bisa memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak.

5. Membuat Website Profesional

Untuk mewujudkan UMKM go digital, manfaatkan pula website sebagai sarana pemasaran untuk menggaet konsumen membeli produk kamu. Lebih bagus lagi jika website yang dimiliki lebih profesional.

Hal tersebut pasti akan lebih menarik minat konsumen, baik secara tampilan, maupun fitur yang mudah digunakan.

Selain menjadi sarana pemasaran dan penjualan, website juga memiliki beragam manfaat lainnya, lho. Misalnya, sebagai alat branding dan ekspansi pasar, hingga penunjang motivasi tim internal.

6. Mengikuti Tren

Adaptasi dengan tren adalah cara terbaik bagi UMKM Go Digital dengan tepat. Sebab, keberlangsungan dari tren di pasar akan membuat konsumen tertarik dengan produk yang sedang ditawarkan.

Selain itu, memanfaatkan tren pasar juga berdampak positif bagi UMKM karena hal tersebut akan memacu pelaku UMKM untuk termotivasi mengeluarkan ide-ide baru dan menarik sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baca Juga;  Lirik Lagu Kemarin - Pamungkas: Mestinya dari Kemarin, Buka Pintu Tuk yang Lain

7. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Bagi pelaku UMKM yang ingin go digital, pelayanan terbaik juga tak boleh luput dari perhatian.

Layaknya konsumen offline yang bisa menilai apakah UMKM tersebut memiliki pelayanan yang baik atau tidak, pelayanan UMKM secara online bisa dilihat dari respon terhadap konsumen, serta pengiriman yang cepat tanpa banyak persyaratan yang mengikat pembeli.

8. Memanfaatkan Layanan Digital

Last but not least, manfaatkan dengan betul layanan digital yang tersedia. Misalnya, menggunakan e-commerce untuk memperjualbelikan produk UMKM kamu dan memanfaatkan media sosial untuk beriklan secara digital.

Selain itu, daftarkan pula usahamu ke Google Bisnis untuk meningkatkan efektivitas UMKM melalui surat elektronik, kalender, platform layanan virtual meeting, hingga penyimpanan cloud.

Sementara untuk mengembangkannya, kamu bisa gunakan website untuk memuat artikel SEO.

Kamu juga bisa gunakan Google Analytics untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen kamu.

    Apa Itu Platform eCommerce dan Fungsinya?

    10 Tips Sukses Mengembangkan eCommerce Dari Pakar eCommerce Dunia

Nah, itulah beberapa tips untuk mewujudkan UMKM go digital. Semoga bermanfaat, ya!

Apabila bisnis yang kamu kembangkan tengah kekurangan modal usaha, kamu enggak perlu khawatir. Sebab, KoinWorks punya produk KoinBisnis yang bisa menjawab permasalahan kamu.

Dengan KoinBisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar!

Enggak hanya itu, bunga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari 0,75% – 1,67% per bulan.

Yuk, kembangkan bisnismu dengan KoinBisnis!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan finansial impianmu.

Kunjungi KoinBisnis!

0
Bagikan:
x