www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/06/09/6kDubyiR/tol-trans-jawa-boros3-c8d5.jpg”>

Mudik lebaran 2019 kali ini rata-rata pengguna mobil pribadi melewati jalan tol Trans Jawa baik ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Saat kami melintasi tol yang membentang sepanjang pulau Jawa tersebut, kecepatan maksimum bisa mencapai 150 km/jam. Akibatnya konsumsi bahan bakar pun cukup banyak karena mesin bekerja di RPM tinggi.

Ketika kami berangkat pada tanggal 27 Mei 2019 dari Jakarta menggunakan Nissan Serena C26. Tangki bahan bakar mobil sudah terisi penuh. Kondisi jalan yang kami lalui mulai dari tol Cikampek, Cipali hingga tol Batang – Semarang tergolong lancar. Sesampainya di Semarang pun tanda peringatan bahan bakar akan habis sudah menyala.

Kami menggunakan bahan bakar Pertalite dalam perjalanan Jakarta – Surabaya via tol Trans Jawa

Kami pun mengisi penuh tangki bahan bakar menggunakan Pertalite dengan harga Rp 7,650 per-liter. Total untuk megisi penuh kami menghabiskan Rp 458.000. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda ketika kami mengisi bahan bakar penuh di Jakarta sebelum berangkat menuju Semarang.

Keesokan harinya pada 28 Mei 2019, kami melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Tol Trans Jawa menjadi jalan utama yang kami pakai untuk menuju Kota Pahlawan tersebut. Sepanjang jalan tol Trans Jawa yakni Solo – Kertosono dan Surabaya – Mojokerto, kecepatan kami stabil di 120-130 km/jam. Sesampainya di Surabaya, indikator bahan bakar menyisakan 2 bar saja alias hampir habis.

Tol Trans Jawa yang sepi membuat mobil melaju dalam kecepatan tinggi

Jarak yang kami tempuh sekitar 800 km lebih dari Jakarta hingga Surabaya. Total menghabiskan sekitar Rp 900.000 untuk bahan bakar Pertalite dengan harga per-liter Rp 7.650. Bila dihitung, kami menghabiskan sekitar 117 liter bahan bakar dalam perjalanan mudik lebaran 2019 kali ini. Artinya rata-rata konsumsi bahan bakar kami adalah 6,8 km/liter dalam perjalanan Jakarta-Surabaya melaui tol Trans Jawa. Cukup boros untuk perjalanan luar kota dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Bagaimana dengan pengalaman mudik Anda tahun ini?

Baca Juga;  Perhatikan Komponen Aus Pada Interior Saat Membeli Mobil Bekas

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x