www.daytekno.com – TOKYO – Sejak diperkenalkan dan diluncurkan pada tahun 2020 lalu, Toyota GR Yaris telah menjadi mobil yang sangat digemari pecinta otomotif. Salah satu hal yang sangat diapresiasi adalah transmisi manualnya yang sangat menjanjikan pengalaman berkendara maksimal. Tapi kabarnya, GR Yaris akan mendapat varian baru bertransmisi manual.

Kabar ini datang dari ajang Toyota Gazoo Rally Challenge di Jepang baru-baru ini, yang diketahui sebuah unit GR Yaris sedang diuji menggunakan transmisi otomatis. Menurut Car Watch, gearbox otomatis yang dipakai di mobil tes tersebut berjenis torque converter dengan planetary gearset, dengan 8-percepatan. Ada beberapa perbedaan juga yang dilaporkan ada pada GR Yaris versi pengembangan ini.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa dalam pengembangan ini Toyota menugaskan Shigeru Hayakawa, Vice Chairman dari Dewan Direksi Toyota sendiri untuk mengujinya. Bahkan petinggi pabrikan tersebut diminta untuk menggeber sekencang-kencangnya sampai rusak. “Saya diberitahu kalau tidak apa-apa kalau sampai rusak. Saya sudah membuatnya rusak satu kali!” kata Hayakawa.

Perihal tampilan yang berbeda, ada ubahan minor yang terjadi di GR Yaris otomatis ini. Dikatakan tampak ada intake tambahan di grille depan, yang kemungkinan diarahkan ke oli pendingin transmisi. Seperti disebut di atas, sistem transmisi yang diadopsi adalah torque converter alias otomatis konvensional, bukannya kopling ganda yang identik dengan motorsport.

Pilihan jenis transmisi tersebut dikatakan bahwa Toyota lebih menekankan karakter perpindahan gigi yang halus dan singkat. Di saat bersamaan, karakter tersebut ditujukan menjaga konsumsi bahan bakarnya tetap efisien. Toyota memasang tuas transmisi otomatis di dalam kabinnya, berikut paddle-shifter di balik setirnya.

Modifikasi atau ubahan lainnya yang dilakukan untuk pengetesan GR Yaris otomatis yaitu membuatnya mengikuti spesifikasi reli. Seperti velg yang lebih ringan, ban gravel, dan mud flap. Lalu di balik bonnet tidak disebut ada ubahan, kemungkinan mesin tiga silinder 1.6 liternya dibiarkan standar, dengan tenaga 257 hp dan torsi 360 Nm.

Baca Juga;  Hyundai Segera Perkenalkan i30 N Facelift, Seperti Ini Tampilannya

Meski masih dalam tahap pengembangan dan pengujian, bukan berarti nantinya GR Yaris bertransmisi otomatis akan diproduksi. Tapi seandainya iya, model jalan raya akan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas, yang sebelumnya kurang berminat dengan transmisi manual. Apalagi mengingat banyak sekali pujian dan review positif datang ke hot hatch ini terkait dengan performanya.

Alternatif lain, dikatakan bahwa transmisi otomatis ini dikembangkan divisi Toyota Gazoo Racing untuk calon model terbarunya, GR Corolla. Hadirnya versi kencang dari Corolla sudah sangat dinanti oleh para penggemarnya, menyusul kesuksesan GR Yaris. Namun dikatakan bahwa GR Corolla bertransmisi otomatis masih jauh dari kenyataan mengingat tahap pengembangan saja masih sangat awal.(WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Ragam Sumber

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x