Video Supercar Tabrak Tembok Saat Dipanaskan, Lupa Gigi Netral

Avatar
Video Supercar Tabrak Tembok Saat Dipanaskan, Lupa Gigi Netral

www.daytekno.com – Memanaskan mobil di garasi harus berhati-hati. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti mengecek posisi tuas transmisi serta rem tangan.

Jangan sampai posisi tuas transmisi masuk ke dalam gigi atau rem tangan tidak aktif. jika tidak dicek, bisa saja mengalami apes seperti pemilik Audi R8 yang menabrak tembok rumahnya sendiri.

Video CCTV yang merekam aksi tersebut diunggah akun di Instagram dan sudah disaksikan 200.000-an kali. Terlihat pemilik mobil sedang menyalakan mesin, namun ketika sudah menyala, mobil maju tidak terkendali dan menabrak tembok rumah.

Pada video tersebut pun bisa dilihat kerusakan yang dialami pada bagian bumper depan yang pecah. Selain itu tampak ekspresi kesal dari si pemiliknya yang baru saja melakukan keteledoran.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.

“Kalau mobilnya manual, driver terlalu agresif dalam melepas kopling (posisi transmisi masuk), sehingga laju mobil melompat. Kalau matic, sepertinya gear tergeser ke posisi D oleh driver,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).


Sony mengatakan hal tersebut karena terdengar ada bunyi perpindahan gigi atau lepasnya kopling secara tiba-tiba. Memang, ketika menyalakan mobil manual terutama yang modern, pedal kopling harus diinjak dalam.

“Bisa jadi pelajaran, jangan pernah buru-buru dalam berkendara, lakukan persiapan, pengecekan, dan orientasi, bahkan sebelum mesin hidup,” ucap Sony.

Pengecekan di sini maksudnya adalah posisi parking brake aktif atau tidak, tuas perseneling, posisi alas kaki dan sebagainya. Cek juga kondisi yang ada di depan dan belakang mobil sebelum berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga;  Harga Sepeda Gunung di Pesawaran Terbaru 2022, Merek Pacific, Polygon hingga United