www.daytekno.com – JAKARTA – Janji PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai APM Volkswagen di Indonesia untuk menghadirkan model baru di Indonesia pada tahun 2022 ini tampaknya ditepati. PT GMM telah mengumumkan bakal menghadirkan SUV kompak Volkswagen T-Cross di Indonesia dan rencananya bakal dirilis secara virtual pada Rabu depan (23/2).

National Sales Manager PT GMM Ahmad Badawi kepada pernah menyatakan rencana menghadirkan SUV kompak ke pasar nasional tahun ini. Namun, waktu itu ia – tentunya – masih merahasiakan nama kendaraan baru yang bakal didatangkan. Hanya menyebutkan SUV kompak dan adik dari VW Tiguan.

PT GMM sekarang ini baru memiliki dua model yang dipasarkan untuk pasar lokal yaitu VW Polo dan Tiguan Allspace. Agar bisa ‘berbicara’ lebih banyak lagi di pasar nasional, terutama di segmen mobil Eropa, VW berencana merilis model-model baru untuk menambah jumlah line-up di negeri ini. Nah, salah satunya adalah VW T-Cross yang bakal dirilis minggu depan.

Kendaraan lima penumpang yang bakal dirilis secara virtual itu dibangun di atas platform MQB AO yang sama dengan VW Polo Mk6. SUV/crossover B-segment ini pertama kali resmi dirilis pada April 2019 dan diposisikan di bawah T-Roc namun sejajar dengan Taigo/Nivus yang merupakan SUV paling kecil dalam keluarga VW.

T-Cross sendiri sudah dipasarkan di sejumlah negara. Misalnya Brasil, Cina dan Meksiko, namun belum diketahui bakal diimpor dari mana mobil yang datang ke Indonesia. Bahkan di India pun beredar kembaran T-Cross yang diberi nama Taigun yang basisnya diambil dari T-Cross Cina dengan sejumlah perubahan.

Sebagai SUV/crossover kompak, mesin yang ditawarkan cukup menarik yakni mulai dari mesin 3 silinder segaris 1.0 liter turbo sampai dengan 1.6 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis serta manual 5 dan 6 percepatan.

Baca Juga;  Ini Perbedaan Antara Timing Belt dan Timing Chain

Dalam hal desain eksterior, T-Cross cukup enak dilihat mata. Juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Misalnya lampu LED, DRL LED, AC dual zone, wireless charging, setir kulit, layar sentuh 8,0 inci dan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Ditambah lagi dengan keyless entry, start-stop button, paddle shift serta ambient lighting LED untuk interior. Untuk peranti safety, sudah dilengkapi dengan sensor-sensor canggih seperti driver fatigue detection, parking sensor, lane-assist/lane departure warning, park assist, kamera mundur dan indikator tekanan ban.

Nah bagaimana dengan spek untuk pasar Indonesia? Mungkin ada beberapa penyesuaian dengan kondisi pasar domestik, tapi tidak terlalu banyak. Kita tunggu saja peluncurannya hari Rabu depan. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x