Wisata  

Wisata Pemandian Air Panas di Dieng: D’Qiano Spring Waterpark

Avatar

www.daytekno.com – ataran Tinggi Dieng tidak hanya memiliki tempat-tempat dengan panorama alam indah.

Ada pula fenomena alam yang langka dan tidak bisa ditemukan di kebanyakan tempat. Salah satunya adalah pemandian air panas.

Adanya sumber mata air panas pun bisa dimanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Dieng untuk mandi dan berendam.

Salah satu wisata pemandian air panas di Dieng yang bisa dikunjungi adalah D’Qiano Spring Waterpark.

Lokasinya tepatnya berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Tugu Selamat Datang di Dieng adalah sekitar 4,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Pemandian air panas alami di Dieng

Kompas.com sempat berkunjung langsung dan merasakan mandi air hangat di D’Qiano Spring Waterpark pada Jumat (16/9/2022).

Tempat wisata ini berada di tepat di samping jalan utama menuju Tol Khayangan Sigemplong dan di seberangnya terdapat Kawah Sileri.

Saat itu, harga tiket masuk ke D’Qiano adalah Rp 20.000 per orang. Begitu masuk, terdapat waterpark yang masih ditutup karena perbaikan.

“Karena memang pandemi 2 tahun lebih kami enggak gunakan. Waterpark-nya jadi tdk layak fungsi saat ini dengan baik, jadi perlu di renovasi dahulu,” kata pengelola D’Qiano Spring Waterpark bernama Nurry kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Adapun terdapat kolam renang berisi air panas di sisi barat, juga kolam bilas. Meski namanya air panas, suhu airnya masih hangat dan tidak mendidih, sehingga aman untuk berendam.

Meski begitu saat baru pertama kali menceburkan diri, lakukan dengan perlahan karena tubuh perlu beradaptasi dengan suhu air. Meski terasa panas awalnya, tubuh nantinya akan terbiasa.

Baca Juga;  Cuaca Buruk, Wisatawan Air Terjun Tumpak Sewu Dilarang Turun Sementara

Sebagai info, kedalaman kolam ada dangkal dan dalam yang dipisahkan oleh tali. Kolam dangkal kedalamannya 1,2 meter dan yang dangkal 1,8 meter.

Jika tidak ingin berenang, wisatawan bisa mencoba tempat berendam yang ada di sebelah barat kolam. Namun, airnya lebih panas dibanding kolam renang.

Usai puas berenang atau berendam air panas, wisatawan bisa mandi dan ganti pakaian di kamar bilas secara gratis.

Adapun fasilitas di D’Qiano Spring Waterpark selain kolam dan kamar bilas adalah kantin, mushalla, dan area parkir luas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”