Wisata  

Wisata Taman Sunan Jogo Kali, Menikmati Pinggir Sungai Bengawan Solo yang Indah

Avatar
Wisata Taman Sunan Jogo Kali, Menikmati Pinggir Sungai Bengawan Solo yang Indah

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Jawa yang mengalir di sepanjang tepi timur kota Solo. Sungai ini mengalir hingga laut Jawa. Sayangnya, sungai yang sekarang dangkal itu tidak bisa diarungi lagi, namun pemandangannya masih bisa dinikmati, salah satunya di Taman Sunan Jogo Kali.

Taman Sunan Jaga Kali, Menikmati Sejuknya Alam di Tepi Bengawan Solo - Solopos.com | Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumber: (https://www.solopos.com/)

Dari Taman Sunan Jogo Kali ini, wisatawan bisa foto dengan berbagai macam lampion indah yang estetik dengan latar sungai Bengawan Solo yang membentang indah. Lalu apa keindahan dari wisata Taman Sunan Jogo Kali ini hingga menarik dikunjungi ketika sedang berada di kota Solo?

Daya Tarik Wisata Taman Sunan Jogo Kali

1. Bisa Menyaksikan Sungai Terbesar di Jawa

Di Taman Sunan Jogo Kali, wisatawan bisa bebas menyaksikan indahnya pinggiran Bengawan Solo. Siapa yang tidak mengenal sungai satu ini? Bengawan Solo adalah penghubung penting antara Solo dan kawasan utara Jawa Timur.

Panjang sungai ini mencapai 600 km dan mengalir di 2 provinsi yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan lebar irigasi hingga 16.000 km2.

Dengan lebar irigasi ini membuat Bengawan Solo menjadi sungai terbesar yang ada di Pulau Jawa. Sungai ini bahkan juga mengalir hingga lereng gunung berapi Gunung Lawu, Pegunungan Sewu dan mengalir ke utara, kemudian ke timur untuk mengaliri Laut Jawa dan barat laut Surabaya.

2. Bisa Naik Perahu dan Susuri Sungai

Daya tarik yang ditawarkan oleh wisata Taman Sunan Jogo Kali selanjutnya adalah menawarkan fasilitas menyusuri Bengawan Solo dengan perahu. Wisatawan bisa menyewa perahu yang ada di sekitar taman dengan tarif per 30 menit.

Selama menyusuri sungai, tentu saja wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu. Anda bisa saksikan keindahan kota Solo dari atas sungai terpanjang se-pulau Jawa ini.

Baca Juga;  15 Penginapan Murah di Ujung Genteng Sukabumi Mulai 100 Ribu dan Apakah Dekat Pantai Pangumbahan?

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke wisata Taman Sunan Jogo Kali untuk menyusuri keindahan sungai menggunakan perahu-perahu yang disewakan.

3. Banyak Spot Foto Estetik

Di wisata Taman Sunan Jogo Kali ini, ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa dijadikan latar untuk membidik gambar-gambar estetik. Mulai dari taman lampion sampai dengan dekorasi-dekorasi yang disediakan gratis.

Menariknya, ternyata wisata satu ini dibangun swadaya oleh masyarakat sekitar, bukan pemerintah Solo. Meski demikian, fasilitas yang disediakan Taman Sunan Jogo Kali sudah sangat lengkap dan memadai.

Untuk masuk ke Taman Sunan Jogo Kali juga tidak dipungut biaya, wisatawan bebas datang tanpa dipungut biaya.

Lokasi Taman Sunan Jogo Kali berada di Pucangsawit, Kecamatan. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Bagi Anda yang sedang di Solo dan mencari penginapan recommended, cobalah untuk instal aplikasi Pegipegi! Ada banyak hotel solo rekomendasi Pegipegi yang bisa menjadi pertimbangan.

Selain itu, aplikasi Pegipegi juga sering memberikan promo dan diskon yang tentu saja akan sangat sayang jika dilewatkan! Ayo unduh aplikasi Pegipegi dan temukan beragam diskon hotel di Solo yang bisa menjadi tempat menginap selama berwisata di kota ini.

Sumber :

https://wiken.grid.id/read/393457653/jadi-salah-satu-destinasi-wisata-malam-solo-intip-cantiknya-taman-sunan-jogo-kali-di-tepi-sungai-bengawan-solo?page=all