Tips  

6 Fitur Terbaru di Xiaomi MIUI 14 yang Baru Diluncurkan

Avatar
6 Fitur Terbaru di Xiaomi MIUI 14 yang Baru Diluncurkan

Xiaomi baru-baru ini telah meluncurkan sistem antarmuka (user interface/UI) terbaru, MIUI 14. Sistem antarmuka Xiaomi MIUI pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Hingga saat ini, MIUI telah memiliki lebih dari 564 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

MIUI 14 ini diluncurkan bersamaan dengan rilisnya smartphone Xiaomi terbaru, Xiaomi 13 Series. Bagi yang sedang berencana ganti HP atau ingin punya HP yang lancar saat ngegame atau saat mengakses w88 link alternatif, seri terbaru Xiaomi dengan MIUI 14 terbaru ini bisa jadi pertimbangan.

Xiaomi menyatakan bahwa MIUI 14 memiliki performa 60% lebih lancar jika dibandingkan dengan sistem pendahulunya pada Xiaomi 12S Ultra. Sistem antarmuka yang berbasis Android 13 ini juga memiliki perubahan visual jika dibandingkan dengan MIUI 13.

Meskipun performanya lebih kuat, MIUI 14 ini lebih ringan dan menggunakan lebih sedikit memory pada smartphone. MIUI 14 ini dikatakan hanya akan memakan memory 13,09 GB saja.

MIUI 14 ini juga memiliki pembaruan desain dibandingkan sistem pendahulunya. Ukuran icon pada sistem ini lebih besar, namun dapat disesuaikan ukurannya. Format widget dan menu pada layar utama juga mengalami pembaruan dan memiliki lebih banyak opsi penyesuaian. Penasaran dengan fitur-fitur MIUI 14 terbaru lainnya? Simak beberapa fiturnya berikut ini.

Fitur widget hewan peliharaan

Pengguna MIUI 14 dapat memiliki widget hewan peliharaan virtual atau tanaman virtual pada layar utama ponsel. Fitur ini mirip dengan fitur Pixel Pals untuk pengguna iPhone. Dengan fitur ini, pengguna dapat memiliki hewan atau tanaman virtual yang dapat dipelihara dan akan muncul sebagai widget di layar utama. Pengguna juga dapat berinteraksi dan bermain dengan hewan atau tanaman virtual ini.

Baca Juga;  Netflix rilis layanan dengan iklan di 12 negara mulai bulan depan

Lebih ringan

Xiaomi MIUI 14 lebih ringan dan menggunakan lebih sedikit memory pada smartphone. Sistem ini juga mengatur agar penggunaan memory pada smartphone menjadi lebih ringan. Salah satunya adalah dengan fitur kompresi otomatis pada aplikasi yang jarang dipakai. Smartphone dengan MIUI 14 hanya memiliki 8 aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus.

Pengaturan notifikasi lebih mudah

MIUI 14 memiliki sistem pengaturan notifikasi yang lebih mudah. Hanya dengan sekali swipe, pengguna dapat mematikan notifikasi aktif. Saat memasang aplikasi baru, sistem akan meminta konfirmasi pengguna untuk dapat mengaktifkan notifikasi.

Ekstraksi teks dari gambar

Sistem MIUI 14 memiliki AI yang diperbarui sehingga dapat mengambil teks dari gambar dengan lebih mudah dan akurat. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan terjemahan teks dari gambar hanya dengan menekan dan menahan (press and hold) teks pada gambar tersebut. Saat ini fitur ini telah tersedia dalam delapan bahasa.

Live text

Sistem kecerdasan buatan (AI) pada MIUI 14 juga memungkinkan live text pada saat video conference. Fitur ini akan membuat meeting online semakin lancar dan mudah diakses.

Xiaomi Magic Center

Xiaomi Magic Center merupakan fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk mengatur beberapa perangkat Xiaomi dalam satu aplikasi. MIUI 14 memiliki Xiaomi Magic Center yang diperbarui, sehingga pengguna dapat mengatur perangkat Xiaomi lain yang dimiliki seperti Xiaomi Buds, tablet, TV, atau laptop dari satu aplikasi.

Xiaomi Family Service

Salah satu fitur menarik dari MIUI 14 adalah fitur family service, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan cloud service dengan seluruh anggota keluarga. Pengguna dapat membuat grup keluarga hingga 8 orang, dengan kontrol yang dapat diatur untuk masing-masing anggota keluarga.

Baca Juga;  TikTok Akan Hadirkan Konten Video Berdurasi Panjang