Tips  

Cara Mengatasi Sebar Data Pinjol

Avatar
Cara Mengatasi Sebar Data Pinjol

Cara Mengatasi Sebar Data Pinjol – Tingkat daya pinjam masyarakat terhadap Pinjol (Pinjaman Online) kian hari terasa kian mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini pula yang coba dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat sebuah aplikasi pinjol ilegal.

Keberadaan pinjol ilegal di kalangan masyarakat memang sangat meresahkan. Selain pembebanan bunga pinjaman yang sangat besar terhadap para nasabahnya, pinjol ilegal juga rawan melakukan sebar data pribadi para nasabahnya. Tentu hal ini menjadi permasalahan yang sangat serius jika sampai data pribadi seseorang tersebar luas, karena dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan sebuah tindakan yang melanggar hukum.

Cara Mengatasi Sebar Data Pinjol

Cara Mengatasi Sebar Data Pinjol
PAYDAY LOAN CONCEPT

Tersebarnya data pribadi yang dilakukan oleh pinjol ilegal memang merupakan sebuah permasalahan yang sangat berbahaya. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi adanya sebar data oleh pinjol:

1. Menghapus izin akses

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi adanya sebar data oleh pinjol adalah menghapus izin akses pada aplikasi pinjol. Berikut ini adalah cara untuk menghapus izin akses aplikasi pinjol pada perangkat ponsel yang kamu gunakan:

  • Masuk pada menu ” Pengaturan” pada ponsel yang kamu gunakan.
  • Pilih ” Pengaturan Aplikasi”
  • Cari aplikasi pinjol ilegal dimana datamu dimasukan di sana.
  • Selanjutnya, pilih ‘Hapus Data dan Cache’.

Setelah berhasil melakukan penghapusan data aplikasi pada perangkat ponsel, langkah selanjutnya agar kamu dapat lebih memastikan semua data  yang kamu masukan benar-benar telah terhapus adalah dengan melakukan penghapusan aplikasi.

2. Tepat waktu melunasi pinjaman

Salah satu faktor utama yang membuat para pihak pinjol ilegal melakukan penyebaran data pribadi para nasabahnya adalah adanya indikasi ketidakpatuhan para nasabah dalam melakukan pembayaran cicilan pinjaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga;  Apple Akan Beri Izin xCloud dan Stadia di App Store dengan Batasan Ketat

Tidak adanya mekanisme yang jelas dan juga pengawasan dari badan pengawasan keuangan (OJK), membuat para pinjol ilegal akan betindak sesuka hati untuk melakukan penyalah gunaan dat pribadi para nasabahanya yang melakukan penunggukan.

Maka dari itu, meskipun terasa berat karena harus mengembalikan pinjaman dengan nominal yang cukup besar, melakukan pembayaran tagihan secara tepat waktu merupakan hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan pinjaman dan di pinjol ilegal.

3. Lapor polisi

Membuat laporan polisi merupakan hal yang harus segera kamu lakukan jika terindikasi data pribadi yang kamu miliki telah dilakukan penyebaran oleh para pinjol-pinjol ilegal, karena hal tersebut sudah merupakan sebuah tindakan pelanggaran yang melanggar undang-undang.

Jika kamu ingin membuat laporan mengenai sebar data yang dilakukan oleh par apinjol ilegal, jangan lupa untuk menyertakan bukti yang valid guna mendukung laporan yang kamu buat dan juga agar kasus tersebut segera dilakukan penanganan.

4. Melaporkan ke OJK

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang bertindak sebagai lembaga resmi pemerintah yang salah satu tugasnya adalah melakukan pengawasan terhadap kegiatan peminjaman dan secara online juga dapat kamu jadikan sebagai tempat pengaduan selanjutnya  atas tindakan sebar data yang dilakukan oleh pinjo ilegal. Hubungi OJK melalui email di humas@ojk.co.id atau Whatsapp di 081-157-157-157.

Tips Terhindar Dari Pinjol Ilegal

Adanya tindakan sebar data memang biasanya dilakukan oleh para pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab. Agar masalah tersbut tidak terjadi padamu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agara terhindar dari pinjol ilegal ketika ingin melakukan pinjaman dana secara online:

1. Lakukan riset dan perbandingan

Sebelum memilih layanan pinjaman online, pastikan kamu melakukan riset dan perbandingan antara beberapa penyedia pinjaman online yang terpercaya dan memiliki izin resmi dari OJK. Jangan hanya memilih layanan pinjaman online karena tawaran mereka terlihat menarik atau mudah.

Baca Juga;  Justika: Membuat Layanan Hukum Menjadi Lebih Praktis dan Terjangkau

2. Periksa izin usaha

Pastikan bahwa layanan pinjaman online tersebut memiliki izin usaha dari OJK. Izin usaha ini menunjukkan bahwa penyedia layanan telah memenuhi persyaratan yang diperlukan dan telah melewati verifikasi dari pihak berwenang.

3. Tinjau bunga dan biaya

Pastikan bahwa bunga dan biaya yang dikenakan oleh layanan pinjaman online tersebut masuk akal dan wajar, dan tidak mengancam kondisi finansialmu. Baca juga dengan cermat syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi layanan tersebut.

4. Periksa ulasan dan reputasi

Cari tahu ulasan dan reputasi dari penyedia layanan pinjaman online yang kamu pilih. Kamu dapat terlebih dahulu mencari referensi mengenai apalikasi atau platform pinjol yang akan kamu gunakan dengan cara membaca ulasan dari pengguna sebelumnya atau melihat ulasan dari sumber yang terpercaya.

5. Jangan memberikan informasi pribadi

Jangan memberikan informasi pribadi seperti nomor rekening bank, kartu kredit, atau nomor KTP ke layanan pinjaman online yang belum terpercaya atau tidak memiliki izin resmi.

6. Jangan tergiur dengan tawaran yang terlalu bagus

Jangan terjebak dengan tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika tawaran terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka kemungkinan besar itu tidak akan benar atau terdapat risiko yang tersembunyi.

7. Hindari pinjaman dengan jaminan

Hindari layanan pinjaman online yang meminta jaminan dalam bentuk apapun, seperti sertifikat rumah, mobil, atau tanah. Pinjaman dengan jaminan berisiko tinggi dan dapat mengakibatkan kerugian finansial yang besar.

8. Hindari pelanggaran privasi

Hindari layanan pinjaman online yang meminta akses ke akun media sosial atau email milikmu. Pelanggaran privasi dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan.

9. Jangan terburu-buru dalam memutuskan

Jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk mengambil pinjaman online. Pertimbangkan secara cermat kebutuhan dan kemampuan  untuk membayar kembali pinjaman tersebut secara tepat waktu.

Baca Juga;  Masyarakat diingatkan lagi untuk tidak sebar hoaks

Penutup

Itulah sedikit informasi yang dapat daytekno.com sajikan mengenai bagaimana cara mengatasi sebar data pinjol dan juga apa saja tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari pinjol ilegal ketika ingin melakukan pinjaman dana secara online. Melakukan pinjaman dana online bukanlah sebuah dosa, namun penting untuk melakukan penghitungan secara matang terlebih dahulu agar  kegiatan pinjaman tersebut tidak menjadi sebuah sumber masalah yang akan semakin mempersulit situasi finansial.

Selalu selektif dalam memilih aplikasi atau platform pinjaman online juga menjadi sebuah hal yang penting untuk diperhatikan, guna mengantisipasi terjerumus ke dalam pinjol ilegal yang justru akan menimbulkan sebuah permasalahan  yang lebih serius.

Terimakasih telah membaca, semoga informasi tersebut bermanfaat…