Tips  

Cara Menonaktifkan TalkBack Oppo dengan Mudah & Cepat

Avatar
cara menonaktifkan talkback oppo

Cara menonaktifkan Talkback Oppo bisa dilakukan dengan mengikuti panduan dalam artikel ini. Talkback sendiri adalah fitur dari Google yang tersedia dalam smartphone Android. Nama lain dari fitur ini adalah Android Accessibility Suite, gunanya untuk mengeluarkan suara dan bergetar saat pengguna menyentuh layar.

Tujuan dari Talkback Oppo adalah untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan karena fitur ini akan mengarahkan secara detail terkait poisi, jenis, hingga cara menggunakan aplikasi pada smartphone Oppo. Namun, seringkali Talkback justru merepotkan karena mengganggu aktivitas dalam keseharian.

Kenapa Talkback Harus Dimatikan?

Seperti diketahui bahwa fitur ini berguna untuk membantu tunanetra dalam menggunakan smartphone. Akan tetapi Talkback justru sering mengganggu ketika kita tidak sengaja mengaktifkannya.

Kita jadi tidak bisa mengoperasikan smartphone Oppo seperti biasa, alih-alih membantu justu membuat pengguna kebingungan. Bahkan saking binggungnya ada saja yang membawa smartphone tersebut ke konter supaya bisa digunakan seperti semula.

Misalnya perbedaan pengunaan saat fiturnya aktif. Pada saat kamu memilih menu atau aplikasi, maka sistem akan meminta kamu menekannya sebanyak dua kali agar perintah dapat dieksekusi. Sementara pada saat menggulung sebuah halaman, maka kamu harus menggunakan dua jari sekaligus.

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui cara menonaktifkan fitur Talkback di Android. Nah, cara menonaktifkan Talkback Oppo sendiri sangat mudah.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

TalkBack memberi informasi kepada pengguna dengan cara membaca layar dan menyampaikannya secara lisan. Ada beberapa cara untuk mematikan fitur tersebut, baik secara fisik maupun digital, berikut di antaranya.

Mematikan TalkBack dengan Tombol Fisik

Pertama, kamu bisa menggunakan tombol volume untuk mematikan sekaligus menyalakannya kembali.

  1. Temukan tombol volume (+-) di bagian samping perangkat
  2. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut selama tiga detik
  3. Sebagai konfirmasi apakah ingin mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack, tekan kembali tombol tersebut dengan cara yang sama.

Catatan: Untuk menonaktifkan pintasan tombol volume secara permanen, buka Setelan – lalu Aksesibilitas lalu TalkBack. Kemudian, ubah “Pintasan TalkBack” menjadi nonaktif.

Dengan Asisten Google

  1. Di wizard Penyiapan atau di setelan, ucapkan “Ok Google” setelah kamu mengaktifkan Asisten Google.
  2. Ucapkan “Nonaktifkan TalkBack” atau “Aktifkan TalkBack”.
  3. Selanjutnya, sistem pada smartphone Oppo akan melakukan perintah dari ucapanmu tadi.
Baca Juga;  Pembaruan Google Maps Akan Gantikan Keberadaan Android Auto

Cara Menonaktifkan TalkBack Oppo melalui Pengaturan

Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mematikan Talkback melalui menu pengaturan:

  1. Langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan pada perangkat HP Oppo milikmu.
  2. Setelah itu, cari dan pilih opsi “Pengaturan Tambahan” dari menu pengaturan untuk melanjutkan proses.
  3. Pada langkah selanjutnya, kamu akan menemukan opsi “Bebas Halangan.” Silakan pilih opsi ini untuk melanjutkan pengaturan.
  4. Lanjutkan dengan memilih “Aksesibilitas” atau “Accessibility” pada menu yang tersedia.
  5. Di antara opsi aksesibilitas, cari dan pilih “Talkback” untuk mengakses pengaturan fitur ini.
  6. Geser pengaturan Talkback dari posisi “On” ke posisi “Off” untuk menonaktifkan fitur dengan efektif.
  7. Pastikan untuk memastikan bahwa Talkback benar-benar telah dimatikan dengan melihat perubahan statusnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Talkback pada HP Oppo milikmu sudah berhasil dinonaktifkan. Semua tipe HP Oppo, termasuk Oppo Reno, Oppo A3S, Oppo A5S, dan berbagai jenis ponsel Oppo lainnya, dapat menggunakan panduan ini untuk mengakses pengaturan Talkback.

Tidak hanya merek OPPO saja, sebenarnya fitur ini juga telah disematkan secara bawaan langsung di smartphone lainnya dan memang disediakan bersama sistem operasi Android. Hanya saja memang langkah mengakses fitur TalkBack akan berbeda untuk setiap merek handphone.

Apa itu TalkBack di hp Oppo?

cara menonaktifkan aksesibilitas
Cara menonaktifkan aksesibilitas

TalkBack pada HP Oppo adalah fitur aksesibilitas yang berfungsi sebagai pembaca layar. Fitur ini memberikan umpan balik suara ketika pengguna menyentuh layar dan memilih menu atau aplikasi. Saat menu atau aplikasi dipilih, TalkBack akan memberikan instruksi atau penjelasan suara mengenai item yang telah dipilih.

Fitur TalkBack ini sangatlah berarti dan bermanfaat bagi pengguna yang memiliki kebutuhan khusus (tunanetra). Dengan adanya fitur ini, pengguna dengan keterbatasan penglihatan dapat lebih mudah berinteraksi dengan perangkat HP Oppo, memungkinkan mereka untuk mengakses dan mengoperasikan perangkat dengan lebih lancar.

Baca Juga;  Cara Main Game PPSSPP Menggunakan Stick PS2 di Android

Hal penting untuk dicatat adalah bahwa fitur TalkBack tidak hanya tersedia pada HP Oppo saja, tetapi juga ada pada sebagian besar perangkat Android lainnya. Ini menunjukkan betapa pentingnya aksesibilitas dan inklusivitas dalam pengembangan teknologi mobile.

Dengan mengetahui cara mematikan TalkBack di HP Oppo, kamu dapat mengelola penggunaan fitur ini sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. Fitur TalkBack ini adalah contoh konkret bagaimana perkembangan teknologi dapat secara positif mempengaruhi kehidupan dan kemandirian pengguna dengan kebutuhan khusus.

Kenapa TalkBack aktif sendiri?

Bukan aktif sendiri, melainkan kamu secara tidak sadar telah mengaktifkannya melalui penekanan tombol volume atas bawah secara tidak sengaja atau bisa juga kamu iseng mencoba otak-atik perangkat lewat “Setting“.

Cara Menggunakan TalkBack Google

cara menggunakan talkback
Cara menggunakan TalkBack

Setelah kamu mengaktifkan TalkBack, saatnya untuk mempelajari beberapa gestur dasar yang akan memudahkan navigasi:

  1. Untuk membuka aplikasi, ketuk sekali di layar dan untuk memilih atau membuka item, ketuk dua kali.
  2. Untuk menggeser ke atas atau ke bawah, gunakan gerakan dua jari.
  3. Untuk membuka menu konteks, lakukan geser ke atas dengan dua jari.
  4. Untuk kembali ke layar sebelumnya, lakukan gerakan swipe ke kiri dengan dua jari.

Adjusting TalkBack Settings

Setiap pengguna dapat mengkustomisasi pengalaman TalkBack mereka. Dalam pengaturan TalkBack, kamu dapat menyesuaikan berbagai aspek, termasuk kecepatan bicara, nada, dan bahkan tingkat getar saat menggunakan fitur ini. Sesuaikan pengaturan sesuai seleramu sehingga kamu merasa nyaman dan mudah dalam menggunakannya.

Mastering TalkBack Gestures

Penting untuk memahami gestur TalkBack dengan baik agar kamu bisa menggunakannya secara efisien. Beberapa gestur kunci yang harus kamu kuasai termasuk:

Basic Navigation Gestures

  • Single tap: Membaca item yang dipilih.
  • Double tap: Memilih atau membuka item.
  • Swipe up or down with two fingers: Menggulir konten.
  • Two-finger double tap and hold: Mengaktifkan modus eksplorasi.
Baca Juga;  Microsoft Akan Ganti Jurnalis Mereka Dengan Robot

Changing Speech Rate and Pitch

Pengguna dapat menyesuaikan kecepatan bicara TalkBack agar sesuai dengan preferensi mereka. Jika pengguna merasa suara terlalu cepat atau lambat, perubahan kecepatan suara dapat membantu meningkatkan kenyamanan.

Selecting Preferred Voice

TalkBack menawarkan beberapa pilihan suara yang dapat dipilih oleh pengguna. Beberapa pengguna mungkin lebih suka suara yang lebih natural atau mungkin memiliki preferensi suara tertentu yang membantu mereka mendengarkan dengan lebih baik.

Changing Vibration Settings

Selain memberikan umpan balik suara, TalkBack juga menggunakan getaran untuk memberi informasi tambahan kepada pengguna. Pengguna dapat menyesuaikan kekuatan dan pola getaran untuk memberikan informasi tambahan saat mereka menggunakan TalkBack.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang cara menonaktifkan fitur Talkback Oppo yang ternyata sangat mudah dilakukan. Tak hanya itu, Daytekno juga telah menyajikan informasi terkait lainnya seperti apa itu TalkBack Google, kenapa fitur itu harus ada dan bagaimana cara menggunakannya.

Setelah mengetahui informasi ini, semoga kamu tidak binggung lagi jika fitur talkback atau aksebilitas di android aktif kembali.