Mobil  

Persiapan Dakar 2022, Toyota GR DKR Hilux Dapat Peningkatan Performa

Avatar
Persiapan Dakar 2022, Toyota GR DKR Hilux Dapat Peningkatan Performa

www.daytekno.com – Jakarta – Perhelatan Rally Dakar yang akan digelar di Arab Saudi membuat beberapa peserta makin bersiap dengan kendaraannya masing-masing. Salah satunya ialah Toyota yang menyiapkan GR DKR Hilux T1+ dengan basis Toyota Hilux yang spesifikasinya sudah disesuaikan untuk melenggang di ajang tersebut.

Selain mendesain ulang tampilan eksterior Toyota Hilux dengan peralatan pendukung segala medan ini ternyata tim juga memasukan spesifikasi mesin V6 3.5 liter twin turbo yang diambil dari Land Cruiser Gazoo Racing. Kemudian tim juga melakukan penyetelan sedikit pada mesin tersebut agar menghasilkan tenaga yang sesuai diklaim membuatnya menjadi lebih ringan dari Hilux reli generasi sebelumnya. Selain itu mesin tersebut juga dikawinkan dengan sistem transmisi sekuensial enam percepatan yang menghasilkan tenaga 400 hp dan tendangan torsi puncak yang mencapai 660 Nm.

Di samping itu, terdapat penyesuaian pada sistem suspensinya yang dibuat lebih besar dari sebelumnya 280 mm kini menjadi 350mm. Dengan penyetelan tersebut membuat Toyota Hilux ini menjadi lebih tinggi dan lebar dari sebelumnya hanya mencapai 32 inci kini mejadi 37 inci. Di sektor kaki-kaki tim juga menggunakan velg baru tanpa dicat agar lebih tahan terhadap panas saat berkompetisi di reli Dakar.

Toyota juga sudah mendaftarkan kendaraan ini ke FIA sebagai tunggangan resmi Reli Dakar di Arab Saudi, dengan mesin baru tersebut Toyota GR DKR Hilux T1+ memangkas bobot kendaraan hingga 2.000 kg. Sehingga kendaraan ini menjadi lebih ringan dibandingkan dengan model-model sebelumnya.

Di bagian eksterior, Toyota menggunakan livery yang didominasi oleh Gazoo Racing dengan kelir merah, putih dan hitam di beberapa bagiannya. Sementara peralatan seperti skidplate berukuran besar dan penggunaan ban segala medan masih tampak pada Toyota GR DKR Hilux T1+ ini.

Baca Juga;  Mitsubishi Siapkan 7 Mobil Konsep Pada Tokyo Auto Salon 2022

Kabarnya tim akan menurunkan empat unit Toyota GR DKR Hilux T1+ pada ajang tahun ini dan akan dipimpin oleh juara Reli Dakar Nasser Al-Attiyah. Ia menyatakan sangat senang dengan kendaraan ini dan mengagumi perubahan yang dilakukan oleh Toyota untuk ajang reli Dakar. “Saya terus terkesan dengan mobil baru ini, terutama dengan medan kasar yang memungkinkan kami untuk melewatinya dengan ban baru yang lebih besar,” katanya.

Reli Dakar 2022 sendiri akan digelar di Arab Saudi untuk ketiga kalinya dan akan berlangsung mulai 2 – 14 Januari 2022 mendatang. Kompetisi adu ketahanan ini akan dimulai di Ha’il dan berakhir di Jeddah, para peserta akan melewati jalur yang didominasi oleh tebing di wilayah Neom, melewati garis pantai Laut Merah berlanjut ke bukit pasir di sekitar Riyadh, dan menyapu jalanan di sekitar bukit pasir di Empty Quarter. Rute tersebut terdiri dari satu tahap prolog dan 12 tahap normal, dengan satu hari istirahat di Riyadh pada 8 Januari. (ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Motor1

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”