Halo sobat DayTekno tahukah kamu, bahwa Indonesia sendiri masih berada diperingkat 102 dengan kecepatan rata-rata download 9,94 Mbps ( jaringan mobile ) dan peringkat 94 dengan kecepatan rerata download 13,20 Mbps ( fixed broadband ).
Cara perbaiki koneksi wifi lelet
Jika sobat DayTekno sudah menggunakan internet selama kurang lebih 9 Tahun. Anda akan merasakan betapa perbedaan kecepatan internet di Indonesia dari tahun ketahun.
Dibalik cepatnya koneksi internet di Indonesia. Masih saja ada internet lambat ntah karna lokasi ataupun lainnya.
Namun di artikel ini DayTekno akan membahas cara memperbaiki kecepatan wifi yang lambat bisa sobat praktekan di rumah nih. Namun apa sobat DayTekno sudah tau penyebab wifi menjadi lelet?

Wifi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, menjadi fondasi dari berbagai aktivitas yang mengandalkan koneksi internet yang stabil. Termasuk di antaranya adalah menyelesaikan tugas pekerjaan, streaming hiburan, pendidikan daring, serta berbagai kegiatan berselancar di dunia maya. Namun, tak jarang muncul kendala seperti koneksi yang lemot, lambat, atau bahkan tak stabil. Kini, mari kita telaah apa sebenarnya yang menjadi akar permasalahan dan bagaimana langkah-langkah penyelesaiannya.

Penyebab Koneksi Wifi yang Lambat

Jarak dan Hambatan

Koneksi Wifi memiliki jangkauan terbatas. Apabila jarak antara perangkat dengan router atau akses poin terlalu jauh, sinyal akan mengalami penurunan kualitas. Tambahan pula, adanya hambatan fisik seperti dinding tebal atau perabotan besar di sekitar router turut berkontribusi pada ketidakstabilan dan kecepatan koneksi yang menurun.

Baca Juga;  Cara Paling Mudah Mengecek Plagiarisme pada Dokumen PDF, Tanpa Aplikasi!

Interferensi Sinyal

Di lingkungan dengan sejumlah jaringan Wifi yang padat, interferensi atau gangguan saling mengganggu antar-jaringan dapat terjadi. Fenomena ini dipicu oleh penggunaan saluran yang serupa atau tumpang tindih. Ketika beberapa jaringan menggunakan saluran yang sama atau saluran yang berdekatan, maka stabilitas dan kecepatan koneksi Wifi bisa terganggu.

Beban Perangkat Terlalu Berat

Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi dapat mengakibatkan kinerja yang menurun. Hal ini terjadi karena makin banyak perangkat yang terkoneksi, makin sedikit bandwidth yang tersedia untuk masing-masing perangkat. Akibatnya, kecepatan koneksi Wifi akan mengalami penurunan yang signifikan.

Kondisi Fisik Router Wifi

Kondisi fisik router juga mempengaruhi kinerja jaringan Wifi. Router yang mengalami overheating karena kurangnya sirkulasi udara atau ventilasi yang memadai, dapat mengganggu kinerja dan mempengaruhi kualitas sinyal Wifi.

Selain itu, perlu diperhatikan pembaruan firmware, yang apabila diabaikan dapat menimbulkan masalah keamanan, performa yang buruk, atau fungsi yang tidak optimal. Oleh karena itu, rutin memperbarui firmware merupakan langkah krusial untuk meningkatkan performa router Wifi.

Gangguan dari Pihak Penyedia Layanan Internet (ISP)

Terkadang, koneksi Wifi yang lemot juga dapat disebabkan oleh masalah dari penyedia layanan internet (ISP). Jika terdapat kendala pada jaringan atau infrastruktur yang disediakan oleh ISP, kinerja jaringan Wifi akan terganggu.

Dengan memahami penyebab-penyebab tersebut, diharapkan kita dapat mengatasi masalah koneksi Wifi yang lambat dengan lebih efektif.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi dan Cara Memperbaiki Koneksi wifi yang Lelet

Jika Anda mengalami kendala dengan koneksi WiFi yang lambat, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda tempuh untuk mengatasi masalah tersebut:

#1. Pengecekan Kecepatan Internet

Lakukan pengujian kecepatan internet melalui situs web atau aplikasi yang memungkinkan Anda mengukur kecepatan unduh dan unggah. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa paket internet yang Anda langganan sejalan dengan biaya yang Anda bayarkan. Jika ternyata kecepatan internet yang Anda terima berada di bawah kapasitas paket yang Anda langganan, segera hubungi penyedia layanan internet untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

Baca Juga;  Cara Cek NIK untuk Registrasi SIM Card 5 Operator Seluler di Indonesia

#2. Pemeriksaan Posisi dan Lingkungan Router

Pastikan bahwa router WiFi ditempatkan secara strategis dan bebas dari gangguan fisik seperti dinding tebal. Idealnya, letakkan router di ruangan yang sering digunakan, bebas dari hambatan, atau di pusat rumah. Hindari meletakkan router di dekat dinding tebal, perangkat elektronik yang dapat menghasilkan interferensi, atau benda-benda logam yang mampu menghalangi sinyal.

#3. Restart Router

Matikan router WiFi Anda selama beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Tindakan me-restart router dapat membantu memulai ulang koneksi dan membersihkan sementara cache atau potensi masalah lain yang mungkin terjadi pada router.

#4. Pengecekan Perangkat yang Terhubung

Pastikan tidak ada perangkat lain yang menggunakan bandwidth secara berlebihan pada saat yang bersamaan. Aktivitas seperti mengunduh berkas berukuran besar, melakukan streaming video HD, atau bermain game online dapat berdampak pada kecepatan WiFi. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung atau mencoba mengatur prioritas penggunaan bandwidth pada router Anda jika fitur tersebut tersedia.

#5. Pembaruan Firmware Router

Periksa apakah terdapat pembaruan firmware yang tersedia untuk router Anda. Melakukan pembaruan firmware ke versi terbaru dapat memperbaiki bug, meningkatkan tingkat keamanan, dan meningkatkan kinerja router WiFi. Saring informasi terkait pembaruan firmware yang mungkin tersedia melalui situs web produsen router.

#6. Penggunaan Repeater atau Extender WiFi

Apabila jangkauan sinyal WiFi menjadi penyebab koneksi yang lemah atau tidak stabil, pertimbangkan untuk menggunakan repeater atau extender WiFi untuk memperluas cakupan jaringan. Alat-alat ini dapat membantu memperkuat sinyal WiFi dan memperluas jangkauannya.

#7. Pemanfaatan Kabel Ethernet

Jika Anda memiliki perangkat yang bersifat statis, seperti komputer atau televisi, pertimbangkan untuk menghubungkannya secara langsung ke router melalui kabel Ethernet. Koneksi melalui kabel ini cenderung lebih stabil dan mampu menyediakan kecepatan yang lebih tinggi.

Baca Juga;  Cara Beli dan Registrasi Kartu MPWR Indosat

#8. Menghubungi Penyedia Layanan Internet

Apabila semua langkah di atas sudah Anda lakukan namun masalah koneksi WiFi masih berlanjut, kemungkinan terdapat permasalahan lain yang memerlukan intervensi dari penyedia layanan internet. Oleh karena itu, segera hubungi penyedia layanan internet untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Misalnya Anda menggunakan Biznet sebagai Internet Service Provider, maka hubungi mereka untuk memastikan apakah permasalahan ini datang dari pihak ISP atau ada kesalahan di perangkat fisik.

#9. Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop menggunakan cmd tanpa aplikasi tambahan.

Pertama koneksi kan pc dan laptop ke jaringan wifi. Buka command prompt, pada nama wifi klik kanan dan klik status. Kemudian akan muncul status wirelles network connection Anda bisa memilih jenis alamat Ip wifi dipilihan detail. Cara lainya adalah dengan mengetikan ipconfig Anda di cmd.

  • Buka CMD
  • Setelah masuk ke cmd ketikan ping-l (jumalh request bandwith) (ip adress) -t.
  • Misalnya Sobat Day Tekno ingin bandwith 1000 bytes berarti lebih dari yang sudah disediakan yaitu 32 bytes, Dan Ip misal 192.65.78.22 maka bisa ketik seperti ini ping-l 1000 192.65.78.22 -t. Biarkan cmd terbuka selama masih terhubung.

Nah begitu lah cara memperbaiki koneksi wifi yang lambat. Trik ini juga cocok untuk cara mempercepat koneksi wifi sendiri.

0
Bagikan:
x