Halo sobat DayTekno tahukah kamu, bahwa Indonesia sendiri masih berada diperingkat 102 dengan kecepatan rata-rata download 9,94 Mbps ( jaringan mobile ) dan peringkat 94 dengan kecepatan rerata download 13,20 Mbps ( fixed broadband ). 
Cara perbaiki koneksi wifi lelet
Jika sobat DayTekno sudah menggunakan internet selama kurang lebih 9 Tahun. Kamu akan merasakan betapa perbedaan kecepatan internet di Indonesia dari tahun ketahun.
Dibalik cepatnya koneksi internet di Indonesia. Masih saja ada internet lambat ntah karna lokasi ataupun lainnya.
Namun di artikel ini DayTekno akan membahas cara memperbaiki kecepatan wifi yang lambat bisa sobat praktekan di rumah nih. Namun apa sobat DayTekno sudah tau penyebab wifi menjadi lelet? 

Penyebab Wifi Lambat

1. Belum Mengaktifkan Wifi
Sebelum menyeting hp dan laptop sebaiknya cek dulu apa sudah terhubung ke wifi atau belum.
2. Koneksi Internet Bermasalah
Cek kecepatan internet, Jika kecepatan masih normal kemungkinan salah menempatkan router wifi nya.
3. Kabel LAN Yang Terputus
Jika koneksi wifi lambat atau terputus coba cek kabel LAN, kemungkinan salah dalam menancapkan posisi kabel LAN, atau bisa juga belum mencolokan ke wifi.
4. Router Berada Di ruang Tertutup
Jika router wifi berada di ruangan tertutup sinyal wifi akan sulit untuk ditangkap oleh ponsel dan pc. Berbeda jika kamu berada satu ruangan dengan wifi maka hal ini tidak akan berpengaruh.
Yah penyebab di atas tidak bisa kita tau kapan akan terjadi. Namun jika sudah terjadi dan koneksi wifi jadi lambat langsung aja ke cara mempercepat koneksi wifi yang lambat.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi dan Cara Memperbaiki Koneksi wifi yang Lelet

Uji Kecepatan Koneksi Wifi
Pengujian ini dilakukan agar kita bisa tau apakah kecepatan wifi sudah sama dengan broadband yang ditawarkan ISP. Sobat DayTekno bisa mengecek kecepatan jaringan dengan situs penguji kecepatan yang gratis seperti speedtest.net lalu lihat lambat atau cepat koneksi wifinya.
Jika kecepatan internet lambat dan tidak sesuai yang sudah dijanjikan ISP. Jangan langsung menyalahkan pihak ISPnya sob. Sebab bisa aja kesalahan itu karna ulah kita sendiri.

1. Lokasi Wifi

Lokasi wifi merupakan hal penting yang selalu dilupakan oleh pemakainya. Beberapa orang memasang router wifi dekat dengan colokan listrik, meletakan di meja, di atas kursi, atau bidang datar lainya. Tempat inilah penyebab koneksi wifi menjadi lambat karena terhalang oleh benda dan meletakan di tempat yang rendah.
Jika hal ini sudah terlanjur, kamu harus memindahkan wifi ke tempat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Hindari tembok dan juga besi agar sinyal tidak terhalang.
Meletakan wifi di kamar ujung akan membuat koneksi Wifi menjadi lambat dan sangat buruk. Solusinya ialah membeli repeater, repeater sendiri berfungsi untuk menangkap dan memancarkan sinyal wifi.
Selain posisi wifi, kamu juga harus memperhatikan tempat sekitar wifi. Jangan sampai ada barang-barang penghalang sinyal wifi. Hal yang membuat koneksi buruk sinyal wifi adalah terdapat telepon nirkabel dan peralatan yang menggunakan bluetooth.

2. Memilih kanal Yang Tepat

Penyebab jaringan koneksi wifi lambat selanjutnya ialah salah memilih kanal. Sinyal wifi akan berjalan melalui ruangan yang terbuka. Bayangkan saja semisal dalam satu ruangan ada banyak sekali sinyal yang berjalan , sehingga membuatnya menjadi bertabrakan satu sama lain. Akhirnya membuat sinyal menjadi data loss dan sinyal harus di rebroadcast.
Untuk mengatasi hal ini sobat DayTekno bisa menggunakan software wifi analyzer secara gratis di internet. Software ini mempunyai tampilan yang mudah dipahami pengguna dan juga banyak tutorial nya di internet. Software yang bisa digunakan salah satunya adalah free inSSIDer utility.
Untuk menggunakan software ini pertama buka aplikasi ini dan memilih jenis jaringan wifi yang dipakai. Kemudian diberikan grafik dengan bermacam warna dan juga kanal yang digunakan. Kemudian pilih kanal yang sedikit dipakai.
Setelah itu buka alamat IP router dibrowser. Untuk mengetahui alamatnya silahkan ketikan ipconfig pada command prompt. Masuk ke menu seting wifi lalu pilih kanal dimenu dropdown. Pindahkan kanal kamu ke kenal yang jarang dipakai oleh pengguna wifi lainya.
Agak sulit sih cara mempercepat koneksi wifi dengan cara diatas bagi orang yang sangat awam.

3. Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD 

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop menggunakan cmd tanpa aplikasi tambahan.
Pertama koneksi kan pc dan laptop ke jaringan wifi. Buka command prompt, pada nama wifi klik kanan dan klik status. Kemudian akan muncul status wirelles network connection kamu bisa memilih jenis alamat Ip wifi dipilihan detail. Cara lainya adalah dengan mengetikan ipconfig Anda di cmd.
Setelah masuk ke cmd ketikan ping-l (jumalh request bandwith) (ip adress) -t.
Misalnya Sobat Day Tekno ingin bandwith 1000 bytes berarti lebih dari yang sudah disediakan yaitu 32 bytes, Dan Ip misal 192.65.78.22 maka bisa ketik seperti ini ping-l 1000 192.65.78.22 -t. Biarkan cmd terbuka selama masih terhubung. Cara ini sangat bisa dilakukan sendiri di rumah.

4. Membuat Antena DIY

Ada beberapa trik Diy yang bisa dicoba di rumah, salah satunya dengan cara membuat antena dari kaleng bekas minuman. Potong bagian atas dan bawah potong juga kaleng dari atas ke bawah agar menjadi lembaran.
Taruh potongan kaleng ini di belakang router dengan bentuk menyerupai parabola. Dan biarkan bagian depanya terbuka, cara ini mampu mempercepat koneksi wifi.

5. Pakai Password 

Wifi yang memakai password akan sulit terhubung di hp tetangga jika tidak tau passwordnya. Anda juga harus memakai enkripsi WPA2 agar sulit dibobol oleh orang.
Nah begitu lah cara memperbaiki koneksi wifi yang lambat. Trik ini juga cocok untuk cara mempercepat koneksi wifi sendiri.