Dengan adanya perkembangan teknologi yang terasa semakin pesat, Direktorat Jenderal Pajak mulai mencoba sebuah terobosan baru guna meningkatkan pelayanan administrasi perpajakan agar terasa lebih mudah dan efisien,  melalui pengadaan pembuatan sertifikat secara elektronik, dengan memanfaatkan jaringan digital atau elektronik yang sudah tersedia.

Pada sistem kerjanya, pelayanan administratif berbasis teknologi ini telah mendukung berbagai macam keperluan pengajuan perpajakan, yang pada umumnya dilakukan pengurusan oleh wajib pajak seperti pendaftaran NPWP, Pelaporan SPT, Permintaan NSFP, dan layanan administrasi lain.

Namun bagi seorang wajib pajak yang ingin memanfaatkan layanan administratif berbasis teknologi tersebut, guna melakukan proses pengurusan berbagai hal administratif yang berhubungan dengan perpajakan seperti pelaporan SPT Masa PPN dan permintaan NSF, wajib pajak diharuskan untuk terlebih dahulu memiliki sertifikat elektronik(Sertel) yang telah dilakukan proses penginstalan melalui browser.

Oleh sebab itu, bagi kamu ingin melakukan menggunakan layanan administratif perpajakan berbasis teknologi,  namun belum mengetahui bagaimana cara instal sertifikat elektronik di browser sebagai syarat agar dapat menggunakan layanan tersebut, daytekno.com akan memberikan sebuah solusi yang dapat kamu gunakan melalui artikel kali ini.

Fungsi Sertifikat Elektronik

Sebelum membahas secara lengkap dan detail mengenai bagaimana cara instal sertifikat elektronik melalui browser, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu fungsi dari sertifikat elektronik atau digital certificate, di dalam dunia perpajakan berikut ini: :

  1. Autentikasi: Sertifikat elektronik digunakan untuk memastikan bahwa pihak yang terlibat dalam transaksi elektronik adalah pihak yang sebenarnya dan sah.
  2. Keamanan: Sertifikat elektronik digunakan untuk melindungi transaksi elektronik dari ancaman keamanan seperti peretasan, manipulasi data, dan akses tidak sah.
  3. Integralitas: Sertifikat elektronik memastikan bahwa data yang ditransmisikan dalam transaksi elektronik tidak diubah atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak berwenang.
  4. Non-repudiasi: Sertifikat elektronik memastikan bahwa pihak yang terlibat dalam transaksi tidak dapat menyangkal transaksi tersebut.
Baca Juga;  Penggunaan Gadget Saat Belajar Online, Ini Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Dalam perpajakan, sertifikat elektronik digunakan untuk melindungi data sensitif seperti data perpajakan dan informasi keuangan dari risiko keamanan dan penyalahgunaan. Sertifikat elektronik juga digunakan untuk memastikan keabsahan dan keaslian dokumen perpajakan elektronik seperti e-faktur, e-billing, dan e-SPT.

Cara Instal Sertifikat Elektronik di Browser

Menginstal sertifikat elektronik di browser sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu dapat menggunakan berbagai macam browser yang tersedia pada komputer atau smartphone yang kamu miliki seperti google chrome, Mozilla firefox, Microsoft edge, Internet explorer, guna melakukan penginstalan sertifikat elektronik(Sertel) tersebut.

A. Pengunduhan Sertifikat

Sebelum melakukan proses instal sertifikat elektronik melalui browser, hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mengunduh sertel tersebut. Pengunduhan sertifikat elektronik dapat kamu lakukan melalui Enfora, dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan login ke akun enofa
  2. Pada tampilan utama, klik pada menu download sertifikat digital
  3. Klik “ok” pada notifikasi yang muncul. Apabila tombol OK tidak terlihat, lakukan zoom out (tekan “Ctrl”+“-”) sampai tombol “ok” muncul
  4. Pastikan sertifikat masih berlaku
  5. Klik unduh

B. Penginstalan Sertifikat

Setelah kamu berhasil melakukan pengunduhan sertifikat elektronik milikmu melalui enfora, berikut ini adalah beberapa cara penginstalan sertifikat elektronik melalui browser yang pada umumnya telah tersedia di browser pada perangkat komputer atau smartphone yang kamu miliki yang dapat kamu pilih:

 

1. Instal sertifikat elektronik melalui Google Chrome

Google Chrome menjadi browser pertama yang dapat kamu gunakan untuk menginstal sertifikat elektronik agar dapat memanfaatkan layanan administratif perpajakan berbasis teknologi. Berikut ini adalah langkah penginstalannya:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome yang tersedia pada perangkat komputer atau smartphone yang kamu miliki.
  2. Pada halaman utama, klik pada menu Customize yang biasanya akan terletak dibagian kanan atas layar, di bawah tombol Close.
  3. Klik menu Setting.
  4. Pilih Privacy and Security.
  5. Kemudian klik Security.
  6. Pilih Manage Certificate.
  7. Pada tab personal klik import
  8. Klik Next lalu Browse
  9. Lakukan pemilihan sertifikat elektronik dan masukkan Passphrase saat diminta
  10. Klik OK/Next sampai selesai.
Baca Juga;  Mencermati prospek suram ekonomi 2023 dari sudut industri TI

2. Instal sertifikat elektronik melalui Mozilla Firefox

Selain menggunakan Google Chrome, kamu juga dapat menggunakan browser Mozilla Firefox ketika ingin menginstal sertifikat elektronik. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah penginstalan sertifikat elektronik dengan menggunakan Mozilla Firefox:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Mozila Firefox pada perangkat yang kamu gunakan.
  2. Cari dan klik menu Setting pada Mozilla Firefox  yang umumnya terletak pada bagian kanan atas dibawah tombol close.
  3. Klik pada menu pilihan Options.
  4. Pilih Privacy and Security.
  5. Pilih Manage Certificate
  6. Klik Import pada tab Your Certificates
  7. Pilih sertifikat elektronik dan masukkan passphrase saat diminta
  8. Klik OK/Next sampai selesai.

3.  Instal sertifikat elektronik melalui Microsoft Edge

Jika kamu merupakan pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows, Microsoft Edge dapat kamu jadikan pilihan sebagai browser untuk melakukan penginstalan sertifikat elektronik yang kamu miliki. Berikut ini adalah langkah-langkah penginstalan yang dapat kamu coba terapkan:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi browser Microsoft Edge yang terdapat pada perangkat komputer yang kamu miliki.
  2. Klik pada menu Setting pada Microsoft edge, yang biasanya akan terletak pada bagian kanan atas dibawah tombol close.
  3. Pilih Setting.
  4. Pilih Privacy, search, and services
  5. Pada bagian Security, pilih Manage Certificate
  6. Pada tab personal klik import
  7. Klik next, browse, lalu pilih sertifikat elektronik dan masukkan passphrase saat diminta
  8. Klik OK/Next sampai selesai.

Contoh Sertifikat Elektronik

Cara Instal Sertifikat Elektronik di Browser

Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara instal sertifikat elektronik dengan menggunakan bantuan web browser yang dapat penulis sajikan. Semoga dengan membaca informasi yang ada pada artikel ini, permasalahan kebingunganmu terhadap bagaimana cara instal sertifikat elektronik dapat segera teratasi.

Terimakasih telah membaca….

Baca Juga;  Jumlah Pengguna Ponsel Xiaomi di Seluruh Dunia Saat Ini Tembus 547 Juta
0
Bagikan:
x